5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, nomor 1 Mengurangi Resiko Kanker

Dede Kurniawan
Lima manfaat ubi jalar untuk kesehatan, nomor 1 mengurangi resiko kanker. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Lima manfaat ubi jalar untuk kesehatan, nomor 1 mengurangi resiko kanker. Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika.

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti stroke hingga serangan jantung

Di Indonesia, ubi jalar banyak disukai masyarakat. Karena selain memiliki rasa yang manis, ini termasuk makanan yang bisa diolah dengan mudah. 

Karena itu, ada berbagai jenis olahan ubi jalar yang bisa dikonsumsi. Selain membuat perut menjadi kenyang dan rasanya yang enak, ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. 

Lantas apa saja manfaat ubi jalar untuk kesehatan?. Dikutip dari Sindonews.com, Rabu (28/12/2022) berikut manfaat ubi jalar untuk kesehatan.

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan:

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Karena kaya akan vitamin A, ubi jalar berguna untuk membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A sangat penting dalam menjaga keutuhan selaput lendir pada sistem pernapasan dan usus.

4. Kesehatan Mata 

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang membuat makanan ini memiliki daging berwarna oranye. Saat mengonsumsi beta-karoten, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A, yang berfungsi untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di mata. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

3. Mengurangi Kolesterol 

Komposisi mineral yang tinggi dari ubi jalar, membuatnya menjadi makanan yang baik untuk orang yang menderita tekanan darah, kolesterol dan diabetes. Mengonsumsi ubi jalar setiap hari bisa memenuhi kebutuhan potasium tubuh sekitar 12 persen. 

2. Kesehatan Pencernaan 

Ubi jalar mengandung banyak serat yang sudah terbukti meningkatkan sistem pencernaan. Sebuah penelitian menyebutkan, fitosterol dalam ubi jalar memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan. Baca Juga: 3 Area Tubuh yang Kram saat Terkena Kolesterol Tinggi, Salah Satunya di Betis 

1. Mengurangi Risiko 

Kanker Ubi jalar kaya dengan antioksidan, senyawa yang membantu mempertahankan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukan, bahwa antioksidan pada kulit ubi jalar, khususnya ubi jalar ungu, bisa membantu mengurangi proses oksidasi, hingga bisa mengurangi risiko kanker. Untuk mendapat nutrisi maksimal dari ubi jalar, jangan kupas bagian kulit dan cukup gosok dengan baik sebelum dimasak. 

Nah, itulah manfaat ubi jalar untuk kesehatan, nomor 1 mengurangi resiko kanker. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network