6 Hal Sangat Mahal di Jepang, Tetapi Murah Meriah di Indonesia

Ami Heppy S
Tumpukan sampah di Indonesia. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 hal yang sangat mahal di Jepang, tetapi murah di Indonesia ini akan membuatmu terheran-heran. 

Ada sejumlah alasan yang menyebabkan perbedaan harga tersebut, di antaranya adalah nilai mata uang yang berbeda. Jika di Indonesia kita bisa membayar hal-hal berikut ini dengan harga murah bahkan gratis, maka di Jepang kamu harus merogoh kocek dalam.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 6 hal yang sangat mahal di Jepang tetapi murah di Indonesia. Apa saja?

1. Daun Pisang 

Siapa sangka jika daun pisang yang bisa kamu petik secara gratis di samping rumah ini dihargai hingga ratusan ribu rupiah di luar negeri.

Di salah satu situs jual beli online di Jepang, harga daun pisang dihitung per lembar, harganya 2.280 yen atau sekitar Rp300 ribu per lembar daun pisang. 

Jauh berbeda dengan harga daun pisang di pasar tradisional Indonesia yang hanya sekitar Rp20 ribu per kilogram. 

2. Biaya Parkir Mobil 

Tahukah kamu jika biaya parkir di Jepang untuk waktu 15-30 menit mencapai 100 yen atau Rp13 ribu. Sedangkan jika kamu parkir selama 24 jam, biaya paling murah adalah 1000 yen atau Rp130 ribu.

3. Buang Air Limbah Harus Bayar 

Kalau kamu tinggal di Jepang, kamu tidak bisa membuang air limbah rumah tangga seenaknya, lho. Kamu akan dikenakan biaya sebesar 2.000 yen saat membuang air limbah rumah tangga. 

4. Sayuran 

Hal yang sangat mahal di Jepang tetapi sangat murah di Indonesia selanjutnya adalah sayuran. Sebagai contoh, harga satu ikat kangkung di Jepang sekitar 200 yen atau setara dengan Rp26 ribu. 

Lalu, jika ingin membeli kubis kamu harus merogoh kocek sekitar 150 yen atau Rp20 ribu. Meski mahal, namun kualitas sayuran di Jepang sangat terjamin. 

5. Jasa Potong Rambut 

Jasa potong rambut di Jepang juga tergolong mahal. Untuk jenis potongan biasa atau standar, kamu akan disuruh membayar sebesar 1000 yen atau sekitar Rp130 ribu. Sedangkan untuk jenis potongan yang kekinian, harganya menjadi 4.500 yen atau setara Rp585 ribu. 

6. Biaya Pembuangan Sampah Rumah Tangga 

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik. Masyarakat Jepang akan dimintai uang bulanan untuk masalah pembuangan dan pengelolaan sampah.  

Sebenarnya, di Indonesia juga ada uang bulanan untuk pengelolaan sampah. Namun, nilainya tidak sebesar di Jepang. 

Agar sampah bisa diangkut petugas, masyarakat wajib membeli kantong khusus sampah. Biaya 10 kantong plastik khusus sampah dikenakan sekitar Rp26.000 atau 200 yen.  

Sedangkan untuk sampah besar atau sampah elektronik, warga harus membeli stiker khusus yang harga per stikernya adalah 1000 yen atau sekitar Rp130.000. 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network