get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pasutri Petani Punya 10 Anak Sukses Semua Ada yang jadi TNI, Guru hingga Pekerja Tambang Viral

Challenge Nahan Sendawa saat Minum Soda Viral, Bahayakah?

Kamis, 09 Juni 2022 | 14:29 WIB
header img
Ilustrasi Jangan kebanyakan minum soda. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini tengah viral di TikTok challenge minum soda tanpa bersendawa. Sejumlah netizen mencoba melakukan tantangan tersebut, di mana mereka akan meminum sebotol soda dan harus menahan agar tidak sendawa.

Hasil dari challenge ini berbeda-beda. Ada yang berhasil dan ada juga yang gagal karena tidak kuat menahan sendawa yang dihasilkan dari soda yang mereka minum. Salah satunya adalah akun TikTok @NabilaSyabana.

Ia mencoba tantangan minum setengah botol soda dan harus menahan sendawa. "Gua bakal minum ini tanpa sendawa, semoga bisa. Bismillah," katanya, dikutip Rabu (8/6/2022).

Pemilik akun itu terus meminum soda, dan menahan ketika akan bersendawa. Setelah habis ia merasa senang karena challenge-nya berhasil dilewati. Namun, ada yang aneh, ketika dibiarkan beberapa saat, dirinya benar-benar tidak bisa sendawa. Lalu ia pun panik.

"Kok enggak sendawa?" tanyanya. Lalu bagaimana jika dilihat dari kacamata kesehatan? Apakah menahan sendawa itu berbahaya?

Melansir laman Medical News Today, bersendawa melibatkan pelepasan gas dari saluran pencernaan ke mulut.

Sendawa terjadi ketika udara tertelan saat makan atau minum dan kemudian dikeluarkan. Udara yang dikeluarkan merupakan campuran oksigen dan nitrogen.

Kemudian tiba-tiba tidak bisa bersendawa, hal ini terjadi ketika sfingter esofagus bagian atas sementara kehilangan kemampuannya untuk melepaskan udara.

Sfingter esofagus bagian atas adalah katup berotot yang mengelilingi bagian atas kerongkongan (pipa makanan) tepat di bawah saluran tenggorokan.

Otot sfingter berelaksasi selama menelan, tetapi pada waktu yang lain, otot tersebut berkontraksi. Ketika seseorang bersendawa, otot sfingter perlu rileks sejenak untuk memungkinkan udara keluar.

Penting bagi otot sfingter untuk melepaskan ke bawah guna menelan. Penting juga bahwa otot sfingter melepaskan udara ke atas selama bersendawa.

Untuk itu, jika tidak bisa bersendawa, ini akan membuat seseorang merasa tersiksa. Mungkin terasa seolah-olah ada gelembung udara di otot sfingter tanpa tujuan.

Ketidakmampuan untuk bersendawa menyakitkan, dan menyebabkan sakit perut juga kembung.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut