get app
inews
Aa Read Next : Emosi Suami Selingkuh, Istri Robohkan Rumah di Tanah Mertua dan Paksa Suami Beli Rp300 Juta

Viral Seorang Ibu Melahirkan Bayi Tanpa Bantuan Medis di Pantai Nikaragua

Rabu, 08 Juni 2022 | 10:07 WIB
header img
Seorang ibu melahirkan bayi di pantai tanpa bantuan medis. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Baru-baru ini muncul video yang memperlihatkan proses persalinan di pantai yang ditengarai merupakan metode free birth.

Dalam video tersebut, wanita ini melahirkan di pantai lepas, tepatnya di Playa Majagual, Nikaragua, pada 27 Februari 2022. Proses persalinan terekam kamera dan terlihat di sana tak ada bantuan medis.

Kemunculan video viral ini kemudian memicu para ahli berkomentar.

Kellie Wilton, kepala bidan di Australian College of Midwives dan Sue Kildea seorang profesor kebidanan dari Universitas Charles Darwin.

Mereka beranggapan bahwa keputusan si wanita melahirkan di pantai lepas bukan pilihan yang tepat. Sebab, itu amat berisiko, terlebih tanpa ada pengawasan tim medis di dekatnya.

"Menurut saya, melahirkan di pantai lepas tanpa bantuan medis bukanlah keputusan yang bijaksana," kata Kildea, dikutip dari News.au, Rabu (8/6/2022).

Dia melanjutkan, bidan melalui pendidikannya memungkinkan para wanita melahirkan dengan aman dan mampu mengenali tanda-tanda yang mungkin akan membahayakan si ibu atau bayinya, dan dia dibekali ilmu untuk mengatasi masalah tersebut.

"Nah, dukungan bidan seperti itu tidak akan didapatkan jika seorang wanita memutuskan untuk melahirkan secara bebas di alam terbuka," katanya.

Lebih lanjut, Wilton menerangkan bahwa melahirkan di air sejatinya pilihan yang sangat aman, tapi harus dibantu atau diawasi oleh tenaga medis untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan si ibu.

"Lahiran di dalam air dipercaya memberi manfaat menurunkan rasa sakit yang signifikan, tapi, harus dilakukan di bawah pengawasan ahli, tidak bisa dilakukan sendirian," kata Wilton.

Persalinan dalam air yang dilakukan wanita itu, lanjut Wilton, sangat berbahaya. Kalaupun mau melahirkan di dalam air, banyak prosedur yang harus disiapkan.

"Persalinan di dalam air yang ideal itu melibatkan bidan dan tenaga medis lainnya di dekat si ibu, suhu air diatur dengan sangat baik, kebersihan air dipastikan berkualitas, bahkan kondisi kesehatan si ibu dan bayi terus diperhatikan selama persalinan," ujar Wilton. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut