get app
inews
Aa Read Next : Di Bawah Kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Wanita Arab Saudi Boleh Punya Senjata Api

Fosil Kadal Raksasa Mosasaurus Berusia 80 Juta Tahun Ditemukan di Laut Merah Arab Saudi

Sabtu, 04 Juni 2022 | 05:30 WIB
header img
Tim dari Saudi Geological Survey (SGS) saat melakukan penggalian di situs geologi di area proyek Laut Merah, Arab Saudi. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ahli paleontologi menemukan fosil tulang mosasaurus, keluarga kadal raksasa berusia 80 juta tahun di area proyek Laut Merah, Arab Saudi.

Panjang badan reptil itu mencapai hingga 18 meter, dengan berat sampai 14 ton.

Fosil hewan yang hidup 80-66 juta tahun lampau itu diperoleh lewat penggalian 10 hari oleh tim Perusahaan Pengembangan Laut Merah (TRSDC) yang bekerja sama dengan Saudi Geological Survey (SGS).

TRSDC dalam sebuah pernyataan, Rabu (1/6/2022), mengatakan, tim ahli paleontologi juga menemukan sisa-sisa fosil sapi laut, buaya, dan kura-kura berusia 80-66 juta tahun yang hidup pada periode Kapur hingga Eosen.

Fosil-fosil tersebut melengkapi penemuan tengkorak plesiosaurus yang secara parsial telah diperoleh di situs yang sama sebelumnya.

“Paleontologi adalah bidang studi yang berkembang di Kerajaan (Arab Saudi). Kami berharap dapat membantu mendukung minat untuk menemukan warisan kuno yang terkubur di sepanjang garis pantai kami,” kata CEO TRSDC John Pagano seperti dikutip laman Alarabiyah.

Lebih dari 1.600 situs sejarah dan geologi sejauh ini telah diidentifikasi di area pengembangan proyek Laut Merah yang dikelola TRSDC.

Temuan ini juga mengungkapkan bahwa Laut Merah ternyata lebih dalam 200 meter dibandingkan dengan permukaan laut aktual saat ini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut