get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS : Stadion Watubelah Sumber Kebakaran

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Cirebon Berharap Masyarakat Bisa Menjaga dan Tetap Bersatu

Rabu, 01 Juni 2022 | 18:11 WIB
header img
Muspida Kabupaten Cirebon saat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual di Pendopo Kabupaten Cirebon. (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag. berharap kepada seluruh masyarakat, bisa bersama-sama menjaga Pancasila.

Alasannya, dengan adanya Pancasila, keanekaragaman suku, budaya, dan agama bisa disatukan.

"Menjaga Pancasila itu menjadi salah satu bagian menjaga keutuhan bangsa dan negara. Itu karena Indonesia disatukan oleh Pancasila," ujar Imron, Rabu (1/6/2022).

Imron menambahkan, meskipun peringatan hari lahir Pancasila dilakukan secara virtual, tetapi tidak mengurangi kekhusyukan acara tersebut.

Dirinya berpesan kepada seluruh generasi bangsa supaya terus menjaga persatuan dan kesatuan.

Seluruh rakyat Indonesia diminta untuk bersama-sama membumikan Pancasila.

Masyarakat juga diminta agar bisa mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memperingati hari lahir Pancasila secara virtual dan dihadiri oleh Bupati Cirebon Imron bersama Forkopimda di Pendopo Bupati.

Jokowi mengatakan, memelihara keutuhan Pancasila adalah tugas semua elemen bangsa.

"Mari menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara. Ideologi Pancasila harus kita pegang teguh sebagai perekat bangsa," ungkapnya.

Jokowi menyebutkan, Pancasila bukan hanya mempersatukan masyarakat, melainkan menjadi penuntun ketika bangsa menghadapi ujian.

Hal itu telah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara, karena masyarakat berlandaskan Pancasila.

"Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah Indonesia," jelasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut