get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS : Stadion Watubelah Sumber Kebakaran

Bupati Cirebon: Jemaah Calon Haji Kabupaten Cirebon Mulai Diberangkatkan Awal Juni 2022

Sabtu, 28 Mei 2022 | 12:55 WIB
header img
Bupati Cirebon Drs H Imron M.Ag meminta jemaah haji untuk mendoakan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Cirebon. (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Setelah dua tahun menungggu keberangkatan, calon jemaah akhirnya dapat bernapas lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Cirebon sedianya akan memberangkatkan jemaah calon haji pada 3 Juni 2022.

Tahun ini, kuota haji Kabupaten Cirebon dilaporkan mengalami penurunan drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Tercatat hanya 1.092 jemaah calon haji atau sekitar 45 persen dari jumlah normal.

Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag. mengatakan, biasanya jemaah calon haji dari Kabupaten Cirebon berjumlah sekitar 2.375. Namun tahun ini agak berbeda, mengingat ada kebijakan khusus yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, sehingga jumlah jemaah yang akan diberangkatkan mau tidak mau mengalami penurunan.

"Calon haji yang akan berangkat pada tahun ini terbilang istimewa. Hal tersebut dikarenakan jemaah haji asal Indonesia sempat tidak bisa berangkat selama dua tahun," ujar Imron, Sabtu (28/5/2022).

Sebanyak 1.902 jemaah calon haji asal Kabupaten Cirebon nantinya akan dibagi menjadi 3 Kelompok Terbang (Kloter) yakni kloter 2, 19, dan 36 embarkasi Pondok Gede. Kloter 2 dengan jumlah calon jemaah haji sebanyak 410 orang rencananya akan diberangkatkan pada 3 Juni 2022 mendatang.

Selang beberapa hari setelah kloter 2 diberangkatkan, kloter 19 dengan jumlah yang sama juga akan mulai masuk asrama haji kemudian terbang dari bandara Sukarno-Hatta. Sedangkan untuk kloter 36, jumlah jamaah calon haji yang akan berangkat yakni sebanyak 285 orang.

Imron mengatakan, calon jemaah haji diharapkan bisa menjalankan ibadah dengan baik dan dapat mendoakan seluruh warga Kabupaten Cirebon agar sehat selalu.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut