get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Jual Perhiasan Emas agar Tak Merugi, Ikuti Cara Berikut

Golden Tree, Tanaman Penyedot Emas Tumbuh Subur di Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:56 WIB
header img
Ilustrasi emas. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Selain sektor pertambangan dan mineral, Indonesia juga kaya akan sumber daya hayati, seperti potensi tumbuhan hiperakumulator di kawasan dengan kandungan logam tinggi di Indonesia.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Hamim menjelaskan, tanaman yang disebutnya sebagai Golden Tree, tanaman itu dapat menyerap logam berat, termasuk logam mulia, yang berada di dalam tanah.

"Beberapa jenis tumbuhan dapat menyerap logam berat dalam jumlah besar di jaringannya, yang disebut sebagai tumbuhan hiperakumulator," paparnya, dikutip dari laman IPB University.

Menurut dia, mekanisme yang dimiliki tanaman "penyedot logam mulia" ini memungkinkan mereka berperan sebagai pembersih lingkungan atau yang dikenal dengan fitromediasi.

"Selain dapat digunakan dalam fitoremediasi, tanaman ini juga dapat digunakan untuk menambang logam-logam yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti nikel, perak, emas, platina dan thallium atau kegiatan yang dikenal dengan phytomining," paparnya.

Tanaman hiperakumulator itu menurutnya biasa ditemukan di daerah dengan kandungan logam tinggi seperti tanah serpentin dan ultrabasa. Di Indonesia, daratan ultrabasanya meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

Menurut Hamim, potensi tumbuhan hiperakumulator di kawasan ini belum tergarap secara optimal. Karena itu, dia menilai potensi tanaman "ajaib" perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak agar dapat digali dan dimanfaatkan.

Entah itu untuk kepentingan pembersih lingkungan (fitoremediasi) atau untuk menambang logam-logam berharga (phytomining), yang jelas potensi golden tree ini menarik untuk dikembangkan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut