get app
inews
Aa Read Next : Raker KONI Kota Cirebon, Ajang Evaluasi dan Peningkatan Prestasi Atlet

Klasemen Akhir SEA Games 2021, Vietnam Juara Umum, Indonesia Urutan Ketiga

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:01 WIB
header img
Klasemen Akhir SEA Games 2021 (Foto: screenshot)

HANOI, iNews.id - Seluruh cabang olahraga (cabor) SEA Games 2021 telah dipertandingkan dan digelar terakhir pada Minggu, 22 Mei 2022. Vietnam berhasil keluar menjadi jadi juara umum. Sementara Indonesia berhasil mencapai target yang diinginkan.

Untuk pertama kalinya, salah satu momen bersejarah ketika Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mendulang emas  Arki Dikania Wisnu dan kolega memastikan emas usai menaklukan raja basket Asia Tenggara, Filipina.

Tim besutan Milos Pejic itu unggul 85-81. Berkat kemenangan itu, Timnas Basket Indonesia mencetak sejarah dengan medali emas sejak SEA Games 1977, sekaligus mematahakan dominasi Filipina dalam 13 edisi SEA Games terakhir.

Kontingen Indonesia lainnya yang berjuang pun berhasil menyumbang koleksi medali bagi Merah-Putih. Di SEA Games 2021, Indonesia berhasil menempati urutan ketiga di klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2021.

Tim Merah-Putih berhasil mengumpulkan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Di SEA Games tahun ini, Indonesia harus mengakui keunggulan dari dua pesaingnya.

Adapun tuan rumah Vietnam yang berhasil keluar jadi juara umum berhasil menorehkan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Sementara, di urutan kedua dihuni oleh Thailand, dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Meski tak juara umum ada sejumlah pencapaian yang memuaskan bagi Indonesia. Di antaranya Indonesia bisa unggul ketimbang rival abadinya, Malaysia. Ya, kontingen Negeri Jiran itu harus puas di urutan keenam, dengan 39 emas, 45 perak, dan 90 perunggu.

Selain koleksi medali yang lebih baik daripada SEA Games sebelumnya, kontingen Merah-Putih pun mampu mencapai target Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sekadar diketahui, Presiden Jokowi memang mencangkan target Indonesia tembus tiga besar di SEA Games 2021, saat pelepasan pada 9 Mei 2022 silam.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut