get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Sampah Menggunung, 4 Desa di Astanajapura Cirebon Gunakan Perlintasan Kereta Api sebagai Akses Jalan

Senin, 23 Mei 2022 | 11:00 WIB
header img
Gunungan sampah di jalan penghubung 4 desa di Kabupaten Cirebon (Foto: doc. iNews.id)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Warga di 4 desa yang berada di Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, harus mengalami kesulitan mengakses jalan. Hal itu disebabkan tumpukan sampah yang menggunung menutup jalan desa sepanjang 150 meter di Kabupaten Cirebon.

Padahal jalan itu merupakan akses andalan warga untuk aktivitas sehari-hari. Tumpukan sampah yang semula berada di tempat pengolahan sampah meluber ke jalan sebagai akibat tak pernah diangkut. Selain itu, dari tumpukan sampah ini pun menimbulkan aroma tak sedap dan menghitamkan air resapan, terutama seusai diguyur hujan.

Akhirnya warga harus menggunakan pelintasan kereta api karena jalan yang selama ini digunakan tertutup sampah. Menggunakan pelintasan kereta api seperti itu, tentu saja sangat berisiko dan mengancam keselamatan warga.

Sejak setahun terakhir, tumpukan sampah tersebut semakin menggunung. Kurangnya perhatian pemerintah setempat. Beberapa warga sempat berinisiatif dengan menyingkirkan sampah yang sudah penuhi belatung ke bahu jalan. Sesekali mereka pun membakarnya, namun upaya itu tetap saja sia-sia lantaran masih ada saja yang membuang sampah sembarangan.

"Jelas mengganggu sekali. Kalau soal bau jangan ditanya, namanya juga sampah," kata Azis, warga setempat, Senin (23/5/2022).  

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut