get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia Empal Gentong H. Irwan Paling Enak di Cirebon Selalu Diserbu Pengunjung

Sirup Tjampolay Kebanggaan Wong Cherbon yang Melegenda sejak Tahun 1936

Minggu, 08 Mei 2022 | 10:25 WIB
header img
Sirup Tjampolay kebanggaan wong Cherbon (Foto: Istimewa)

KOTA CIREBON, iNews.id - Nama unik dan rasa yg melegenda menempel pada sirup khas Cirebon ini. Sirup Tjampolay tidak saja laris manis pada saat lebaran tetapi sirup ini selalu dicari banyak orang hingga ke luar negeri.

Sirup Tjampolay digemari karena memiliki keistimewaan tersendiri yakni mampu mempertahankan kualitasnya dengan tetap menggunakan gula asli tanpa bahan pengawet sejak tahun 1930 an.

Konon resep sirup satu ini lahir dari Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936. Dengan varian rasa awal yaitu rozen roos dan pisang susu. Seiring banyaknya permintaan dan tuntutan jaman, varian rasa sirup Tjampolay mulai bervariasi seperti Mangga Gedong, Lychee, Jeruk Nipis, Nanas, Melon, Kopi Moka dan masih banyak lagi.

Kemasannya juga masih dipertahankan seperti kemasan awal diproduksi yakni menggunakan botol beling transparan dengan tutup keemasan klasik dan diberi label kertas putih bertuliskan sirup Tjampolay dengan simbol khasnya. 

Sirup kebanggaan orang Cirebon ini hanya diproduksi dalam satu ukuran yaitu dalam botol beling dengan ukuran 630ml.

Usaha Sirup Tjampolay kini dilanjutkan oleh generasi ketiga keluarga Tan Tjek Tjiu. Kali ini pabriknya berada di daerah Lawanggada Kota Cirebon. 

Dengan kreatifitas para usaha kuliner, kini sirup Tjampolay dapat ditemui sebagai campuran dari es duren, es campur, es doger dan es serut.

Hingga kini, sirup Tjampolay tetap menjadi salah satu produk unggulan Cirebon yang dapat dijumpai di berbagai sentra oleh-oleh Cirebon. Bahkan seiring perkembangan dunia usaha, sirup ini dapat dibeli melalui berbagai toko online.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut