Logo Network
Network

Jokowi Beri Bantuan 100 Juta dan Dukungan Penuh Bagi Kesembuhan Legenda Bulutangkis Verawaty Wiharjo

Riezky Maulana
.
Selasa, 21 September 2021 | 07:02 WIB
Jokowi Beri Bantuan 100 Juta dan Dukungan Penuh Bagi Kesembuhan Legenda Bulutangkis Verawaty Wiharjo
Presiden Joko Widodo beri semangat dan bantuan uang tunai 100 juta bagi legendaris bulutangkis, Verawaty Wiharjo (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Verawaty Wiharjo, Legenda Bulu Tangkis Indonesia, sedang menjalani perawatan di RS Kanker Dharmais Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan uang tunai senilai Rp100 juta. Santunan itu disampaikan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Senin (20/9/2021) sore.

Heru menjelaskan, Presiden Jokowi menitip pesan kepada Verawaty agar bisa lekas sembuh dari penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. 

"Ibu Verawaty, saya mengantarkan bantuan dari Bapak Presiden. Bapak Presiden menitip salam dan mendoakan untuk kesembuhan Ibu Verawaty," kata Heru ketika bertemu Verawaty di RS Kanker Dharmais.

Heru memaparkan, Presiden telah memerintahkan dua menteri langsung untuk menjamin perawatan dari Verawaty. Kedua menteri itu yakni Menpora Zainudin Amali serta Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Presiden telah meminta Menpora untuk menanggung biaya pengobatan serta perawatan Ibu Verawaty. Selain itu, Bapak Presiden juga meminta kepada Menteri Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Ibu Verawaty," tuturnya.

Perawatan Verawaty di RS Kanker Dharmais akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kemenpora turut mengupayakan perawatan terbaik untuk Verawaty, salah satunya dengan mengubah status anggota BPJS kepunyaannya dari kelas 2 menjadi kelas 1.

"Mbak Vera tetap kami monitor kondisinya," jelas Sekretaris Kemenpora, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto.

Gatot memastikan bahwa Verawaty akan mendapatkan perawatan terbaik, Menurutnya pihak Kemenpora dan Kemenkes terus berkoordinasi untuk membantu perawatan Verawaty.

"Mengenai kekurangannya (biaya) akan menjadi tanggung jawab kami dari Kemenpora," jelas Gatot.

Sekadar informasi, Verawaty merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang terkenal di era 1980-an. Dirinya berhasil meraih banyak gelar juara, baik itu di nomor tunggal putri, ganda putri, maupun ganda campuran.

Sejumlah prestasi tersebut antara lain Juara Tunggal Putri Kejuaraan Dunia 1980, medali emas Ganda Putri Asian Games 1978 dan Juara Ganda Putri All England 1979 bersama Imelda Wiguna, hingga Juara Ganda Campuran World Cup 1986 bersama Eddy Hartono.

Verawaty juga turut membawa obor Asian Games 2018 dan menyerahkannya langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2018, sehari menjelang pembukaan penyelenggaraan Asian Games 2018.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini