get app
inews
Aa Read Next : Tim SAR Gabungan Temukan Jasad Nelayan yang Hilang di Perairan Dadap Indramayu

Heboh Penemuan Hiu Paus di Pantai Eretan Kulon Indramayu

Jum'at, 15 April 2022 | 07:36 WIB
header img
Heboh penemuan hiu paus di Pantai Eretan Kulon Indramayu, tersangkut jaring milik nelayan. (Foto: Andrian Supendi)

INDRAMAYU, iNews.id - Kehebohan terjadi di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, warga menemukan seekor hius paus di perairan sekitar pantai pemukiman penduduk pada Kamis (14/4/2022).

Ikan berukuran besar yang memiliki nama latin Rhincodon typus tersebut ditemukan sudah dalam kondisi mati dan dibawa oleh salah seorang nelayan dari tengah laut. Menurut keterangan warga, Sugianto (31), hiu itu awalnya tersangkut jaring nelayan saat sedang mencari ikan.

"Jadi awalnya itu kena jaring nelayan arad atau nelayan kecil, pukul 11.00 siang, terus dibawa ke darat dan sampai pada pukul 13.00 WIB," ujar dia.

Sugianto menceritakan, setelah sampai di darat, warga langsung berkerumun menyaksikan hewan sepanjang tiga meter dengan bobot sekira setengah ton tersebut.

"Warga sempat mencoba menggerak-gerakan ikan hiu paus itu tapi gak bergerak, makanya disangka hiu paus ini sudah mati," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Indramayu, AKBP M Lukman Syarif, melalui Kapolsek Kandanghaur, AKP Gangsar, membenarkan kejadian tersebut. AKP Gangsar mengatakan bahwa setelah ikan itu dibawa ke darat, warga langsung mengubur bangkai hiu paus itu di lokasi pantai.

"Karena ikan tersebut sudah mulai bau menyengat, sehingga dimakamkan atau dikubur oleh warga setempat," tuturnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut