get app
inews
Aa Read Next : Menjelang Berbuka, Masjid Panjunan Cirebon Sediakan Takjil Gratis Makanan Khas Panjunan 

Menelan Ludah Saat Berpuasa Batalkah? Ini Penjelasan Buya Yahya

Senin, 04 April 2022 | 18:17 WIB
header img
Tangkapan layar kanal youtube Buya Yahya (Foto: Riant Subekti)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id – Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadan, mungkin sering mendengar beberapa pertanyaan seperti apakah menelan ludah dapat membatalkan puasa?

Pertanyaan seperti itu sering kita dengar saat memasuki bulan Ramadan ketika seluruh umat Islam menjalankan ibadah puasa.

Mengutip dari kanal Youtube Buya Yahya seorang ulama ternama dari Cirebon menjelaskan pertanyaan soal hukum menelan luda saat berpuasa, Buya Yahya menjelaskan bahwa menelan ludah tidak membatalkan puasa dengan 3 catatan berikut ini:

Pertama, ludah yang ditelan merupakan ludahnya sendiri. Jika ludah yang tertelan ludah milik orang lain maka itu membatalkan puasa.

Misalnya, suami mencium pipi istri itu tidak batal, namun ketika ada sedikit ludah istrinya masuk ke dalam mulut suami dan tertelan, maka puasanya batal.

Kedua, ludah yang tertelan masih berada di tempatnya. Artinya ludah yang ada dalam mulut sendiri jika tertelan tidak membatalkan puasa. Namun apabila ludah dikeluarkan dari mulut kemudian dikumpulkan dalam gelas kemudian ditelan atau diminum, maka itu membatalkan puasa.

Ketiga, ludah belum tercampur dengan yang lain misalnya tercampur dengan permen, sambal atau sebiji gula, maka jika ludah yang telah tercampur dengan hal lain maka itu membatalkan puasa.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut