get app
inews
Aa Read Next : Kapolsek Gunungjati, Jadi Imam Shalat Jumat di Masjid Sarif Abdurrahman Cirebon

Peringati HUT ke-540, Bupati Cirebon Napak Tilas dan Salat di Dalam Agung Pakungwati

Rabu, 30 Maret 2022 | 05:26 WIB
header img
Peringati HUT ke-540, Bupati Cirebon Napak Tilas dan Salat di Dalam Agung Pakungwati (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Dalam rangka memperingati HUT ke-540 Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon menggelat napak tilas sejarah awal berdirinya Kabupaten Cirebon di Keraton Kasepuhan, Selasa (29/3/2022).

Bupati Cirebon bersama rombongan ditemui Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, PR Gumelar Suryadiningrat dan Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) RR Alexandra Wuryaningrat di bangsal Prabayaksa Keraton Kasepuhan untuk kemudian berjalan menuju petilasan Keraton Dalem Agung Pakungwati.

Di dalam Paseban Dalem Agung Pakungwati kemudian didengarkan babad Cirebon yang dibacakan oleh Sejarawan Cirebon Mustakim Asteja.

"Babad Cirebon yang bacakan merupakan cerita Kanjeng Gusti Sinuhun Gunungjati menyampaikan maklumat bahwa Caruban Nagari lepas dari pengaruh kekuasaan Prabu Siliwangi, penguasa Kerajaan Pakuan Pajajaran pada tanggal 12 Shafar 887 H atau 2 April 1482 M yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Cirebon," ujar Patih Sepuh, PR Gumelar Suryadingrat dalam sambutannya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut