get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Indonesia dan Bangladesh yang Masih Pakai Minyak Goreng Curah? Cek Faktanya

Harga Minyak Goreng Curah Tinggi di Pasaran, Polres Ciko Lakukan Sidak di Dua Depo Pelabuhan

Rabu, 23 Maret 2022 | 15:55 WIB
header img
Harga minyak goreng curah ikut melambung tinggi (Foto: Ist)

KOTA CIREBON, iNews.id - Usai pemerintah mencabut  harga eceran tertinggi (HET). Harga minyak goreng curah ikut melambung tinggi, disemua pasar tradisional di Cirebon.

Sebelumnya, harga minyak goreng curah hanya Rp11ribu/liter.Namun, saat ini harga terpantau tinggi menjadi Rp19.5 ribu/liter. Jika sesuai ketentuan Kementerian Perdagangan sejak 16 Maret 2022, HET minyak goreng curah Rp14ribu/liter atau Rp15.500 ribu/liter

Masih mahalnya minyak goreng curah diduga karena pasokan ke para pedagang di pasar-pasar tradisional di Cirebon, belum normal.

Tim Fokompinda  juga sempat melihat stok ketersediaan minyak goreng curah ke distributor PT Sinar Mas di pelabuhan Cirebon.

Menurut penanggung jawab PT Sinar Mas, Edi, pihaknya menyalurkan minyak goreng curah ke wilayah 3, yang sebelumnya mendapat kiriman dari kapal dan ditampung di tangki besar, berkapasitas 2000 ton

"Sudah 100 ton lebih didistribusikan ke wilayah 3 , dengan harga Rp15ribu/kg, jadi kami hanya menampung minyak goreng curah dari kiriman kapal, kemudian ditampung di tangki, setelah itu, baru di bawa truk tangki didistribusikan ke wilayah 3," tuturnya.

Kemudian tim monitoring  juga menyambangi agen PT 31 Multindo Niaga yang berlokasi di Pronggol Kelurahan Pengambiran Kecamatan Lemahwungluk, saat melakukan pemeriksaan gudang, tim menemukan mesin kemasan, yang diduga dipakai untuk mengemas minyak goreng curah.

Dari pengakuan penanggung jawa PT 31 Multindo Niaga, Iwan, mesin tersebut sudah lama tidak beroperasi.

"Udah lama gak beroperasi," tuturnya

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengatakan,  stok minyak goreng curah  aman,  sementara untuk harga bervariasi.

"Jadi hari ini kami dari Firkopimda Kota Cirebon dan teknis dinas terkait dan juga melakukan monitoring terhadap ujian dan ketersediaan dari minyak goreng curah, di mana kami sudah mendatangi dua Depo yang ada di pelabuhan di Kota Cirebon dan dilihat dari ketersediaan stok minyak goreng aman," tuturnya

Fahri melanjutkan,  setelah melakukan pengecekan diketahui tersedia stok ada yang sudah sampai 22000 ton dan juga ada yang 300 ton tapi sambil menunggu pengiriman dari kantor pusatnya atau dari produsennya.

"Selanjutnya kami melakukan juga pengecekan ke dua agen gimana dari hasil pengecekan juga stok tersedia seperti yang kita lihat bahwa stok saat inisudah tersedia bahkan masyarakat mengantri untuk membeli," ujarnya

Saat ini, lanjut Fahri kesimpulannya adalah bahwa persediaan minyak goreng curah masih aman di Kota Cirebon dan juga tersedia di agen-agen.
 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut