get app
inews
Aa Read Next : 5 Ciri WhatsApp Disadap Orang, Jangan sampai Data Penting Hilang dan Disalahgunakan

Kemendikbudristek Blokir Aplikasi, Berikut Daftarnya

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:11 WIB
header img
Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 masih berlangsung membuat pemerintah tetap memutuskan untuk Belajar Dari Rumah (BDR) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tergantung pada keadaan masing-masing daerah. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Kemendikbudristek untuk melanjutkan kembali bantuan kuota data internet mulai September mendatang. Bantuan kuota data ini diberikan kepada siswa, guru dan dosen dengan besaran kuota yang berbeda-beda.

Pada bulan September, Oktober dan November 2021 Kemendikbudristek akan menyalurkan Rp2,3 Triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet. Sasaran penerima bantuan ini adalah untuk 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen.

Besaran bantuan yang diberikan untuk setiap sasaran berbeda-beda. Yakni untuk peserta didik Paud bantuan kuota data yang diberikan 7 GB/bulan, lalu peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 10 GB/bulan.

Sedangkan untuk pendidik Paud dan jenjang pendidikan dasar dan menengah bantuan kuota data internet yang diberikan sebanyak 12 GB/bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen akan diberikan bantuan kuota sebesar 15 GB/bulan.

Keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Melansir laman kuota-belajar.kemdikbud.go.id, Kemendikbudristek telah membuat daftar laman dan aplikasi yang diblokir tersebut. Apa saja daftarnya? simak informasi dibawah ini.

Media Sosial:

1. Badoo

2. Bigolive

3. Facebook

4. Instagram

5. Periscope

6. Pinterest

7. Snackvideo

8. Snapchat

9. Tinder

10. Tumblr

11. Twitter

12. Vive

13. Vkontakte

14. YY


Game:

1. 8 Ball Pool

2. Candy Crush

3. Clash of Clans

4. Clash of Kings

5. Clash Royale

6. Crisis Action

7. Fifa Mobile Football

8. Garena

9. Garena AOV

10. Garena Free Fire

11. Growtopia

12. Lineage Revolution

13. Lords Mobile : Battle of the Empires

14. Mobile Legends

15. PUBG

16. Roblox

17. Steam

Video:

1. Dailymotion

2. JWPlayer

3. Likee

4. Netflix

5. QQVideo

6. Tiktok

7. TVUNetworks

8. Viu

Kemendikbudristek menekankan, meski sudah ada daftar yang tersedia di atas namun daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan tersebut dapat bertambah sewaktu-waktu.

Bantuan kuota data internet akan disalurkan pada tanggal 11 sampai 15 September, 11 sampai 15 Oktober, dan 11 sampai 15 November 2021, dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut