get app
inews
Aa Read Next : HUT ke 44 Pengajian Al Hidayah, Dihadiri 600 Jamaah dari Kota Cirebon

Yayasan Saung Langit Utama bersama Warga Karanganom Akan Gelar Acara Budaya Nadzaran 2024 Cirebon

Rabu, 14 Agustus 2024 | 21:15 WIB
header img
Yayasan Saung Langit Utama bersama Warga Karanganom Akan Gelar Acara Budaya Nadzaran 2024 Cirebon. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Yayasan Saung Langit Utama bersama Warga Karang Anom akan menggelar festival budaya Cirebon bertema "Nadzaran Cirebon 2024" Relevansi Budaya dan Agama, Pagelaran Seni, Budaya Forum Antar Umat Beragama yang bertujuan untuk mempromosikan dan meluruskan nilai sejarah seni, budaya dan agama di Kota Cirebon .

 

Festival budaya Nadzaran Cirebon 2024 berencana di gelar pada bulan September mendatang bertepatan dengan bulan Maulid Nabi, di Lapangan kawasan pantai Cirebon, daerah Karang Anom,Pegambiran,Kota Cirebon. 

Berbagai kegiatan meramaikan Nadzaran Cirebon 2024 seperti pagelaran Tabuh Gong, Tari Topeng Panji,Jaran Lumping, Barongsai, Tabur berkah di bibir pantai, Pawai Obor dan Pertunjukan Wayang dengan Dalang Cilik hingga bazar produk ekonomi kreatif (ekraf) dari masyarakat Kota dan Kabupaten Cirebon 

Pembina Yayasan Saung Langit Utama, Kusuma Nata Atmaja mengatakan, Nadzaran Cirebon 2024 juga merupakan bagian dalam memperingati Maulid Nabi 1446 Hijriah serta memperkenalkan nilai persatuan pancasila yang beragam agama.

Kusuma menyebut, Cirebon memiliki ragam kekayaan akultulrasi kebudayaan dan Ekraf Sehingga, lanjut dia, pihaknya terus berinovasi untuk mengembangkan potensi dan kembali meluruskan nilai nilai sejarah Budaya Cirebon dengan tradisi sakral dalam kehidupan manusia sesuai dengan asal usulnya.

“Kegiatan ini menggabungkan unsur kebudayaan, keagamaan, entertainment, Kegiatan Nadzaran Cirebon 2024 akan menjadi agenda tahunan, ucap Kusuma saat di temui di Sekretariat Saung Langit, Gang Sijarak, Kesambi,Kota Cirebon, Rabu (14/8/2024) 

 

“Kegiatan ini semoga dapat memberikan akses pasar seluas-luasnya bagi masyarakat Cirebon dan mendapat peran dalam geliat ekonomi yang begitu dinamis melalui seni budaya dan tradisi yang sudah hampir punah" ungkapnya

 

Ia menjelaskan, Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata dengan mengandalkan kekayaan budaya dan destinasi wisata religinya. Nadzaran Cirebon 2024 merupakan sebuah festival budaya yang diselenggarakan bersamaan dengan acara sosial donor darah, santunan 55 anak yatim di Kota dan Kabupaten Cirebon serta mempromosikan potensi produk ekonomi kreatif, dan dikolaborasikan dengan pertunjukan seni sebagai bentuk sadar wisata melalui identitas.

Ia mengapresiasi semua pihak yang akan turut menyukseskan Nadzaran Cirebon 2024 sebab Nadzaran sendiri merupakan kata muasal Nadranan sebuah tradisi budaya yang melekat pada masyarakat pesisir. Andri juga berharap, acara Nadzaran Cirebon 2024 menjadi penggerak kegiatan serupa di kemudian hari.

"Harapanya kegiatan ini akan terus berlanjut dan menjadikan rutinitas tahunan dan generasi muda lebih antusias terhadap budaya indonesia khususnya cirebon dengan begitu tradisi budaya cirebon tetap terjaga dan menjadikan yayasan saung langit utama pelopor dan gagasan untuk melestarikan seni tradisional dan tradisi budaya agar tetap eksis" pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut