get app
inews
Aa Read Next : Saldo E-Toll Habis, Berikut Langkah yang Harus Dilakukan Pengendara

Pastikan Kesiapan Kondisi Jalan, Astra Infra Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Minggu, 31 Maret 2024 | 17:58 WIB
header img
Pastikan Kesiapan Kondisi Jalan, Astra Infra Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kualitas jalan memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang keselamatan pengguna jalan tol.

Jalan yang rusak memaksa pengendara memperlambat laju kendaraan,menghindar, maupun melakukan manuver lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Memasuki arus mudik lebaran 2024, Astra Infra sebagai salah satu investor operator infrastruktur, khususnya jalan tol,menyatakan kesiapan infrastruktur jalan tol di ruas Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang Mojokerto untuk memberikan pengalaman perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman, serta mendukung pemerintah menyukseskan arus mudik lebaran 2024.

“Sesuai komitmen kami sebelumnya kami telah memastikan kesiapan kondisi infrastruktur jalan dan memastikan tidak ada perbaikan jalan selama arus mudik lebaran tahun ini. Kami berharap upaya ini dapat membantu memperlancar perjalanan dan meningkatkan keselamatan penguna jalan. ”ujar Group Chief operating officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar, Minggu (31/3/2024). 

Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak memas-tikan tidak ada pekerjaan konstruksi dijalur, serta telah memastikan tambahan gardu satelit Cikupa dapat digunakan oleh pengguna jalan.

Selain itu, untuk menjamin kondisi jalan saat periode arus mudik, telah dilakukan operasi penutupan lubang, dan penyiagaan personel pemelihraan dan perbaikanj alan maupun sarana prasarana jalan untuk menjaga keselamatandan kenyamanan pengguna jalan, yang terdiri dari tim perkerasan jalan, tim drainase,tim kebersihan jalur dan tim landscape, termasuk ketersediaan material konstruksi dan alat kerja untuk pemeliharaan rutin maupun darurat.

Tak hanya itu, sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan di puncak arus mudik, Astra Tol Tamer memberikan diskon 10% kepada pengguna jalan yang melakukan perjalanan mudik lebih awal menuju Merak.

Pemberian diskon tarif Tol ini merupakan hasil kajian yang telah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk Asosiasi Tol Indonesia(ATI) .

Diskon tersebut berlaku selama 4 hari pada 1 April 2024, pukul 00.00 WIB s.d 2 April 2024, pukul 24.00 WIB dan tanggal1 7 April 2024, pukul 00.00 WIB s.d 18 April 2024, pukul 24.00 WIB.

Diskon berlaku bagi kendaraan gol. 1(kendaraan penumpang), dengan jarak terjauh dari Gerbang Tol Cikupa sampai Gerbang Tol Merak, begitupun sebaliknya.

Sementara itu, di ruas tol Cikopo - Palimanan,selain operasi penutupan lubang, telah dilakukan juga pembersihandan perbaikan drainase, serta normalisasi cross drain dan box culvert di KM 136, 144, dan 152 untuk mengantisipasi peningkatan debit airdalam kondisi hujanderas.

Sebagai bagian dari persiapan, telah dilakukan ujicoba contra flow di KM 153 - 157 pada Jumat, 29 Maret 2024. Ujicoba tersebut merupakan wujud sinergi Astra Tol Cipali dengan pihak kepolisian setempat dalam mengantisipasi volume lalu lintas tinggi yang diperkirakan terjadidi lokasi tersebut yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut