get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Rasa Aman Saat Idul Fitri Polres Ciko Gelar Rapat Sektoral

Sidak ke Disdukcapil, PJ. Walikota Cirebon Dorong Implementasi IKD

Senin, 22 Januari 2024 | 20:48 WIB
header img
Sidak Disdukcapil, PJ Walikota Cirebon Agus Mulyadi, memantau pengguna identitas kependudukan digital. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON,iNewsCirebon.id - - Pj. Wali Kota Cirebon Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., sidak ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didsukcapil) Kota Cirebon, Senin (22/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota didampingi Pj Sekda M Arif Kurniawan, Kepala Dinas Perhubungan Andi Armawan dan Plt Kadisdukcapil Rahmat Saleh.

Di Kantor Disdukcapil, Pj Wali Kota menyempatkan diri untuk berbincang dengan warga sekaligus memantau data terkait aktivasi pengguna Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Seperti yang diketahui, penggunaan IKD bisa terintegrasi dengan NPWP, BPJS, hingga bantuan sosial. Tercatat, pengguna IKD masih 2,7 persen dari jumlah penduduk di Kota Cirebon. 

"Aktivasi IKD ini tidak bisa diwakilkan. Untuk itu Disdukcapil serta perangkat daerah terkait gencar sosialisasi dan mendorong implementasi IKD," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh menjelaskan, untuk aktivasi IKD pihaknya terus melakukan sosialisasi dan jemput bola ke masyarakat.

"Kami terus bergerak agar masyarakat melakukan aktivasi IKD, sampai ke tingkatan RT, RW dan kelurahan," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk melakukan aktivasi IKD, masyarakat harus datang langsung ke Kantor Disdukcapil. Pasalnya, di dalam IKD tersebut tidak hanya terdapat KTP saja, tetapi terdapat kartu keluarga, biodata penduduk, hingga susunan keluarga.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut