get app
inews
Aa Read Next : Hari Raya Idul Adha Telah Tiba, Berikut 3 Tips Mencegah Kolestrol Naik saat Konsumsi Olahan Daging

Daging Kurban, Inilah Bagian Favorit Rasulullah SAW

Selasa, 20 Juli 2021 | 13:14 WIB
header img
Nabi Muhammad SAW sangat menyukai daging kambing terutama bagian paha karena lebih mudah dimasak dan dicerna. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kambing atau domba (Gibas) merupakan hewan yang banyak dipilih untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha. Nabi Muhammad SAW sangat menyukai daging kambing terutama bagian paha.  

Ada alasan khusus kenapa Rasulullah menyukai bagian paha kambing. Di sisi lain, kegemarannya mengonsumsi daging kambing pun diakui para sahabat. Ini bisa dilihat dari hadis berikut: 

Terkait dengan daging kambing ini, Rasulullah pernah menjelaskan kalau daging paha kambing menjadi kesukaannya karena mudah dicerna dan mudah dimasak. 

Selain itu, tentunya lezat dan lebih steril dari risiko penyakit. Makanya kambing jadi salah satu hewan kurban favorit umat Muslim. 

An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menukil keterangan al-Qadhi Iyadh, 

 

قال القاضي عياض رحمه الله تعالى محبته صلى الله عليه وسلم للذراع لنضجها وسرعة استمرائها مع زيادة لذتها وحلاوة مذاقها وبعدها عن مواضع الأذى 

Al-Qadhi Iyadh – rahimahullah – mengatakan, "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit." (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65). 

Dari penjelasan itu juga kita bisa memahami mengapa begitu banyak jenis olahan kambing, misalnya saja yang cukup populer di Indonesia seperti sate, tongseng, ataupun gulai. Semuanya begitu lezat, tapi ingat konsumsi daging kambing tentunya tak boleh berlebihan karena Allah tak menyukai segala sesuatu yang berlebihan.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut