get app
inews
Aa Read Next : Sidang PK, Saksi Dede Mengaku Telah Diarahkan Memberikan Keterangan Palsu Oleh Aep Dan Iptu Rudiana

Rekam Jejak AKBP Sumarni Sukses Tangani Kasus Subang, Kini Resmi Jadi Kapolresta Cirebon

Minggu, 31 Desember 2023 | 21:13 WIB
header img
Sosok AKBP Sumarni. Foto: iNews.id

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Inilah rekam jejak dan sosok AKBP Sumarni yang sukses tangani kasus Subang dan kini menduduki jabatan penting di Cirebon.

AKBP Sumarni begitu sangat dicintai oleh masyarakat Subang sebagai Kapolres Subang karena sosoknya yang rendah hati dan dekat dengan masyarakat.

Selain itu, Ia juga sukses menyelesaikan teka-teki kasus Subang perampasan nyawa ibu dan anak yang telah 2 tahun kasusnya sempat terkatung-katung.

Kini, Kapolres wanita AKBP Sumarni telah secara resmi menduduki jabatan penting di Cirebon yakni sebagai Kapolresta Cirebon, Polda Jawa Barat per tanggal 28 Desember 2023.

Dirinya menggantikan Kombes Pol Arif Budiman yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri.

Banyak yang penasaran akan sosok AKBP Sumarni, berikut diulas sosok dan rekam jejaknya.

Rekam Jejak dan Sosok AKBP Sumarni

Kapolres Wanita satu ini merupakan kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat pada 7 November 1977.

Tak kalah hebat, suaminya yang bernama Brigjen Pol Asep Guntur Rahayu juga menduduki jabatan penting di Polri.

Suami AKBP Sumarni pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), juga merangkap pelaksana tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Saat menjadi Kapolres Subang pada 6 Agustus 2021, AKBP Sumarni pernah menjadi sorotan dalam pembunuhan ibu dan anak di Subang, Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu.

Sebelumnya ia pernah dipercaya sebagai Kapolres Sukabumi Kota pada 2020 - 2021, kemudian dipromosikan menjadi Wakapolresta Metro Bekasi Polda Metro Jaya selama 5 bulan dari 23 Juli-28 Desember 2023.

Berkat kinerja dan prestasinya, kini ia mendapat kedudukan penting sebagai Kapolresta Cirebon.

Riwayat kariernya juga tidak main-main, dirinya pernah bertugas di Dit Tipikor Bareskrim Polri sebagai Kanit Subsidt III hingga akhrinya ia dipercaya menjadi Kapolres Sukabumi Kota pada Mei 2020.

Selain itu, selama 4 tahun ia juga pernah menjadi penyidik di Komisi Pemberatasan Korupsi.

AKBP Sumarni yang merupakan perwira Polri non-Akpol berprestasi juga pernah bertugas di Polda Kalimantan Barat. 

Saat bertugas di Polda Kalimantan Barat pada 2015, ia masih berpangkat Kompol dan menulis buku tentang antikorupsi berjudul Salam Zero yang mengulas tentang Kapolda Kalbar yang saat itu dijabat Brigjen Arief Sulistyanto. 

Adapun penulisan buku tersebut diharapkan pola-pola kepemimpinan maupun sikap zero tolerance yang dilakukan oleh Brigjen Arief dapat menjadi inspirasi bagi anggota kepolisian lainnya.

Sikap rendah hati yang tercipta dalam kesederhanaannya membuat sosok AKBP Sumarni disayangi oleh masyarakat dimanapun ia ditugaskan.

Sebagai contoh, saat ia menjabat sebagai Kapolres Subang, Sumarni rajin membantu masyarakat kurang mampu dengan membagi-bagikan sembako serta membangunkan puluhan rumah warga yang tinggal di rutilahu.

Ia kerap mengundang para ulama dan anak yatim serta santri ponpes untuk menggelar pengajian dan yasinan di rumah dinasnya.

Banyak hal yang diperoleh dari kehidupannya yang sederhana, seperti ia sering naik sepeda bersama ajudannya saat bertugas ke Mapolres Subang. Tidak ada motif atau pencitraan lain, ia hanya ingin mengajarkan kepada masyarakat bahwa naik sepeda bisa membuat badan menjadi sehat.

AKBP Sumarni yang merupakan penggemar nasi timbel ini juga tidak malu-malu untuk makan di tempat sederhana.

Sebagai seorang wanita, naluri keiibuannya juga mendorong dirinya untuk memberikan perhatian lebih kepada pelajar anak muda untuk berinovasi dan berkreativitas.

Ia pun rutin mengunjungi sekolah dan Pesantren untuk memberikan motivasi belajar kepada para siswa, juga mensosialisasikan bahaya Narkoba, kenakalan remaja, dan Pergaulan bebas.

Ia juga rutin membagikan makanan bergizi terhadap anak-anak stunting yang menjadi anak asuhnya.

Tak sampai situ, sosoknya yang gemar berpatroli menggunakan motor selalu membawa sembako untuk dibagikan kepada warga yang tak mampu saat berpapasan di jalan.

Ia pun tak segan membagikan nomer handphone pribadinya untuk langsung mendengar keluhan, saran dan pengaduan masyarakat.

Itulah rekam jejak dan sosok AKBP Sumarni, Kapolres  wanita yang berprestasi, rendah hati dan sederhana yang senantiasa dicintai masyarakat.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut