get app
inews
Aa Read Next : Tok......Hakim PN Bandung Kabulkan Gugatan, Penetapan Tersangka Pegi Setiawan Tidak Sah

Asal-usul Plangon Cirebon, Wisata Keramat dan Kerajaan Monyet

Selasa, 14 November 2023 | 12:18 WIB
header img
Objek wisata Plangon merupakan perpaduan nilai-nilai sejarah, kesejukan alam dengan adanya komunitas monyet dalam jumlah yang banyak di sana. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Asal-usul Plangon Cirebon atau dikenal dengan Kerajaan Monyet. Objek wisata Plangon merupakan perpaduan nilai-nilai sejarah, kesejukan alam dengan adanya komunitas monyet dalam jumlah yang banyak di sana. 

Plangon Cirebon berada di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Lalu bagaimana asal usul dari Plangon Cirebon? Yuk simak ulasannya. 

Asal-usul Plangon Cirebon 

Plangon sendiri berasal dari kata 'Tegal Klangenan' memiliki arti sebuah tempat atau bukit untuk menenangkan diri. Sedangkan dalam versi lain menjelaskan bahwa Plangon berasal dari kata 'Pelangonan' yang berarti tempat istirahat.

Plangon merupakan hutan belantara dengan monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar makam dua orang Pangeran, yakni makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Menurut kisah yang beredar di masyarakat, jumlah monyet-monyet itu tidak pernah berubah dari dahulu hingga sekarang yaitu 99 ekor. Masyarakat sekitar menafsirkan jumlah tersebut sebagai simbol Asmaul Husna.

Menurut kisah yang dipercaya masyarakat sekitar 400 tahun yang lalu ada dua orang pangeran yang bernama Pangeran Panjunan dan Pangeran Kajaksan, mereka mencari tempat yang tenang untuk memecahkan permasalahan-permasalahan kehidupan yang sedang dihadapi. 

Akhirnya kedua orang tersebut menemukan sebuah bukit yang terletak di sebelah barat kota Cirebon. Kemudian, dua pangeran tersebut naik ke atas bukit. Dalam perjalanan ke atas bukit, keduanya dihadang oleh penjaga hutan Plangon yang bernama Pangeran Arya Jumeneng. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut