get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Rumdin Kepala BI Cirebon, Kerugian Capai Ratusan Juta

Mengenal Turntable Stasiun Kejaksan Kota Cirebon, Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Senin, 13 November 2023 | 17:36 WIB
header img
Turntable Stasiun Kejaksaan kota Cirebon yang begitu unik. Lokomotif yang hendak berputar arah atau parkir, akan dibantu dengan fasilitas turntable atau pemutar lokomotif. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Masyarakat Cirebon banyak yang belum mengenal turntable Stasiun Kejaksaan kota Cirebon yang begitu unik. Lokomotif yang hendak berputar arah atau parkir, akan dibantu dengan fasilitas turntable atau pemutar lokomotif.

Belum banyak orang tahu mengenai turntable atau pemutar lokomotif yang ada di stasiun Kejaksaan Cirebon. Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini. 

Mengenal Turntable Stasiun Kejaksaan Kota Cirebon 

Stasiun Kejaksan Cirebon merupakan salah satu stasiun tua yang ada di Kota Cirebon, yang hingga saat ini stasiun bersejarah itu masih beroperasi dan difungsikan untuk melayani masyarakat.
Stasiun Kejaksan Cirebon diresmikan pada tahun 1912. 

Di balik usianya yang sudah menginjak lebih dari satu abad, stasiun ini masih menyimpan sejumlah benda maupun fasilitas yang tidak kalah tua.

Salah satunya adalah turntable atau meja putar lokomotif yang hingga kini masih digunakan. Turntable ini berada di sekitar area Dipo Lokomotif Cirebon.

Turntable merupakan alat yang berfungsi untuk memutar lokomotif. Dilihat dari usianya, alat tersebut sudah ada sejak tahun 1913 atau satu tahun setelah diresmikannya stasiun Cirebon. 

Walaupun alat pemutar lokomotif ini usianya sudah sangat tua tetapi masih berfungsi dengan baik serta masih digunakan hingga saat ini. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut