get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Mengintip 7 Peninggalan Sunan Gunung Jati, Masih Lestari meski Berusia Ratusan Tahun

Jum'at, 10 November 2023 | 15:25 WIB
header img
Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan bukti cinta Sunan Gunung Jati dengan istri pertamanya yang bernama Nyi Mas Pakungwati (putri Pangeran Cakrabhuwana). Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Peninggalan Sunan Gunung Jati sebagai salah satu Walisongo tersebar di daerah Jawa Barat khususnya Cirebon. Ada banyak peninggalan Sunan Gunung Jati yang terkenal dan menjadi saksi perjuangan dakwahnya dalam menyebarkan agama IsIam. 

Mulai dari senjata, gamelan, pusaka, naskah, bahkan bangunan yang dibuat oleh Sunan Gunung Jati dan menjadi peninggalan bersejarah yang berkesan di benak masyarakat tanah Sunda. Berikut beberapa peninggalannya.

Peninggalan Sunan Gunung Jati 

1.Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Bangunan tempat pertemuan dan ibadah ini dibangun pada tahun 1480 M. Dalam pembangunannya dibantu oleh Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga, selaku juru arsiteknya Raden Sepat, dari Keraton Majapahit.

Latar belakang pendirian masjid bisa terbilang sangat menarik. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan bukti cinta Sunan Gunung Jati dengan istri pertamanya yang bernama Nyi Mas Pakungwati (putri Pangeran Cakrabhuwana).

2.Senjata Pusaka

Peninggalan Sunan Gunung Jati yang kedua adalah berbagai senjata pusaka. Beberapa senjata pusaka tersebut berbentuk keris atau pedang yang dimiliki pribadi oleh Sunan Gunung Jati. Banyak orang percaya bahwa senjata tersebut memiliki kekuatan magis. 

Hal ini dikarenakan salah satu pedang milik Sunan Gunung Jati yang hanya dikeluarkan pada saat menyambut hari kelahiran Muhammad SAW. Selain itu, ada pula keris yang digunakan sebagai jimat pribadi.

3.Jamasan Pusaka 

Jamasan ini bukan berbentuk benda atau naskah seperti peninggalan pada umumnya. Melainkan sebuah upacara adat yang menjadi rutinitas Sunan Gunung Jati. Upacara ini menjadi peninggalan beliau karena hingga kini masyarakat setempat masih rutin melakukan upacara Jamasan Pusaka.

Peninggalan Sunan Gunung Jati ini berupa sebuah aktivitas mencuci berbagai senjata pusaka milik Sunan Gunung Jati. Upacara ini juga dilakukan di Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai tempat tinggal Sunan Gunung Jati dahulu. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut