get app
inews
Aa Read Next : Wisata Edukasi Animalium BRIN di Cibinong Viral, Cocok untuk Keluarga Bisa Lihat Kehidupan Satwa

8 Fakta Menarik Kampung Cyber Jogja, Wisata Edukasi yang Pernah Dikunjungi Bos Facebook

Selasa, 07 November 2023 | 15:12 WIB
header img
Kampung Cyber merupakan kampung eduwisata yang terletak di Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, tepatnya di belakang Taman Sari Yogyakarta. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta menarik kampung Cyber Jogja yang salah satunya pernah dikunjungi oleh tokoh hebat dunia, Mark Zuckerberg. Kampung Cyber merupakan kampung eduwisata yang terletak di Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, tepatnya di belakang Taman Sari Yogyakarta.

Yang membuat kampung ini terkenal lantaran seluruh warganya sudah melek internet sejak tahun 2009, jauh sebelum pengguna internet di Indonesia membumbung tinggi. Fenomena inilah yang mengundang decak kagum dari Pendiri Facebook untuk mampir ke kampung ini pada 2014 silam.

Apa saja sih fakta menarik lainnya tentang Kampung Cyber yang sukses menarik perhatian dunia ini? Mari simak informasinya berikut ini.

Fakta Menarik Kampung Cyber Jogja

Sejarah Berdirinya Kampung Cyber Jogja

Kampung Cyber diprakarsai oleh Antonius Sasongko pada tahun 2006. Inisiatif ini bermula dari ide dan kepeduliannya untuk mendorong masyarakat sekitar agar melek teknologi dan internet.

Pada awalnya, butuh kerja keras untuk meyakinkan warga perihal program tersebut, bahkan memakan waktu hingga dua tahun. Singkat cerita, akhirnya hingga kini seluruh rumah telah tersambung Internet dan para warga dapat memanfaatkannya untuk keperluan bisnis maupun aktivitas kehidupan sehari-hari.

Fungsi utama dari kehadiran Internet di kampung ini yaitu sebagai media dalam berdiskusi membahas kondisi kampung Cyber, menyebarkan informasi seperti undangan rapat, pernikahan maupun berita kelahiran, dan juga masalah jual beli produk UMKM.

Pernah Dikunjungi Mark Zuckerberg

Pada Minggu, 12 Oktober 2014 merupakan hari yang bersejarah di Kampung Cyber. Pada hari itu, Mark Elliot Zuckerberg, menyempatkan diri mengunjungi Kampung Cyber di sela-sela kunjungannya ke Yogyakarta.

Saat itu, Mark banyak berbincang dengan Antonius Sasongko yang menjadi salah satu penggagas Kampung Cyber itu. Dalam obrolannya, Mark terlihat sangat antusias mendengar paparan Antonius tentang sejarah Kampung Cyber.

Peristiwa kunjungan pendiri Facebook ke Kampoeng Cyber ini kemudian diabadikan dengan memberikan nama jalan Zuckerberg di salah satu gang yang dilalui oleh Mark. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut