get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

15 Tempat Wisata di Cirebon yang Harus Dimasukkan ke Dalam Daftar Akhir Pekan Anda

Rabu, 04 Oktober 2023 | 09:32 WIB
header img
Batu Lawang adalah tempat wisata yang menampilkan pemandangan alam batuan dan bukit dengan spot foto yang menarik di Cirebon. Foto: ist

CIREBON,iNewsCirebon.id - 15 tempat wisata di Cirebon yang harus dimasukkan ke dalam daftar akhir pekan Anda. Selain terkenal sebagai destinasi wisata religi dan bersejarah, Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata yang populer dan sesuai dengan tren saat ini.

Kota yang dikenal dengan sebutan "Kota Udang" ini memiliki beragam tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Mulai dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner, hingga edukasi. 

Berikut 15 tempat wisata di Cirebon yang wajib masuk dalam daftar akhir pekan Anda:

1. Taman Wisata Gua Sunyaragi

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan di Cirebon adalah Taman Wisata Gua Sunyaragi, juga dikenal sebagai Taman Sari Sunyaragi. Gua buatan ini terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, dan memiliki sejarah mencapai hampir 400 tahun.

Tempat ini memiliki bangunan dengan lorong-lorong mirip gua, dengan gaya arsitektur yang unik yang menggabungkan unsur-unsur Indonesia klasik, Cina, Hindu, Tionghoa, Islam, Timur Tengah, dan Eropa.

2. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan, yang terletak di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, merupakan istana tertua di Jawa dengan sejarah yang panjang. Dulunya dikenal sebagai Keraton Pakungwati dan merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon.

Keraton ini menggabungkan berbagai gaya arsitektur dari Hindu, Islam, Cina, Belanda, menciptakan arsitektur Cirebon yang unik. Bangunan Lawang Sanga yang terletak di sisi selatan dan berdekatan dengan sungai Kayan juga menjadi daya tarik tersendiri.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, juga dikenal sebagai Masjid Sunan Gunung Jati, terletak di kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati di Desa Astana Gunung Jati, Kecamatan Cirebon Utara, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Masjid ini istimewa karena merupakan salah satu masjid yang dibangun oleh Wali Songo secara gotong-royong.

4. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan adalah pecahan dari Keraton Kanoman dan merupakan yang termuda di antara keraton-keraton lainnya. Terletak di Jalan Pulasaren, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, keraton ini memiliki pintu besar dengan ukiran batik mega mendung yang memukau.

Di dalamnya, Anda dapat melihat berbagai benda yang berkaitan dengan keraton dan agama Islam, termasuk kitab-kitab zaman para wali dan gamelan kuno yang menarik perhatian.

5. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman bukan hanya tempat perbelanjaan utama penduduk Kota Cirebon dan sekitarnya, tetapi juga memiliki nilai historis yang kuat sebagai tempat perjuangan melawan penjajah ratusan tahun yang lalu. Anda dapat menemukan beragam produk di sini, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, kain batik, hasil laut, hingga bahan makanan pokok.

6. Telaga Nilam

Telaga Nilam, juga dikenal sebagai Telaga Nilem, adalah destinasi wisata yang indah di Kuningan. 

Danau ini memiliki air bening yang menyegarkan, cocok untuk berenang dan menyelam. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan kesejukan mata airnya, serta melihat ikan-ikan yang sengaja ditempatkan di dalam kolam untuk menambah keseruan penyelaman.

7. Setu Sedong

Setu Sedong, atau Bendungan Sedong, terletak di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat. Waduk seluas hampir 150 hektar ini menawarkan pemandangan Gunung Ciremai di selatan yang mempesona. Suasana alamnya dapat memberikan ketenangan dan merupakan tempat favorit bagi para penggemar memancing.

8. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong dikenal sebagai tempat yang romantis dan menenangkan, cocok untuk pasangan yang sedang jatuh cinta. Anda dapat menikmati pemandangan gemerlap lampu kota Cirebon dari sini. Suasana sejuk dan makanan khas yang ditawarkan menjadikan tempat ini sempurna untuk berkumpul bersama keluarga atau pasangan.

9. Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon terkenal karena banyaknya monyet yang mendiami tempat ini. Meskipun hewan-hewan ini liar, mereka cenderung jinak dan seringkali menyambut pengunjung, terutama jika Anda membawa makanan khusus seperti kacang.

Ada juga mitos lokal bahwa pada tanggal 1 Muharram dan beberapa hari tertentu, monyet-monyet ini akan tetap diam di atas pohon dan tidak akan berkeliaran.

10. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang, yang terletak di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Desa ini memiliki banyak pesona, termasuk wisata alam dan kuliner yang menarik pengunjung dari dalam dan luar Cirebon.

11. Telaga Remis

Telaga Remis adalah danau yang menawarkan suasana damai dengan pepohonan pinus hijau. Terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dan dinamai setelah kerang kuning yang banyak ditemukan di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati perahu dan pemandangan indah danau ini.

12. Danau Setu Patok

Danau Setu Patok, yang terletak di Mundu, Cirebon, Jawa Barat, seringkali dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan. 

Keunikan tempat ini terletak pada bukit di tengah danau yang mengubah penampilannya dengan berubahnya musim. Pengunjung dapat menikmati danau dengan menggunakan perahu.

13. Batu Lawang

Batu Lawang adalah tempat wisata yang menampilkan pemandangan alam batuan dan bukit dengan spot foto yang menarik di Cirebon. 

Terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan menyajikan pengalaman mendaki gunung batu yang terbelah secara alami.

14. Wisata Mangrove Kasih Sayang

Wisata Mangrove Kasih Sayang adalah destinasi yang memperkenalkan pengunjung kepada muara sungai dan ekosistem mangrove yang menakjubkan.

Terletak di Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, tempat ini menawarkan pemandangan pesisir yang indah dan deretan pohon bakau yang cocok untuk berfoto.

15. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik dan destinasi kuliner di Cirebon. Terletak di Plered, Cirebon, kampung ini telah dikenal selama berabad-abad sebagai pusat pengrajin batik berkualitas tinggi, terutama dengan motif mega mendung yang khas. Di sini, Anda dapat mencoba merasakan proses membatik secara langsung.

Itulah 15 tempat wisata di Cirebon yang bisa menjadi pilihan liburan Anda. Pilihlah favorit Anda dan nikmati petualangan yang mengesankan di Kota Udang ini!

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut