get app
inews
Aa Read Next : Liburan Tahun Baru, OW Talaga Langit Sediakan Menu Unik, Nasgor Tuyul Hingga Ikan Bakar Genderuwo

Sejarah dan Asal Usul Santa Claus yang Digemari Anak-anak Seluruh Dunia

Jum'at, 24 Desember 2021 | 13:11 WIB
header img
Sosok Santa Claus atau yang biasa disebut dengan Sinterklas menjadi ciri khas perayaan Natal di seluruh dunia. (Foto : Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Santa Claus atau dalam bahasa Indonesia disebut Sinterklas adalah tokoh baik yang sangat digemari hampir semua kalangan usia terutama anak-anak. Tokoh legendaris ini menjadi ciri khas perayaan Natal di seluruh dunia. Sosok Santa Claus digambarkan sebagai seorang pria dengan perut besar dan janggut putih panjang serta pakaiannya yang merah. Namun sebenarnya bagaimana sejarah Santa Claus bisa menjadi tokoh legendaris perayaan Natal setiap tahun di seluruh dunia? Simak sejarah Santa Claus dibawah ini yang telah dirangkum, Jumat (24/12/2021).

1, Berasal dari Belanda

Santa Claus merupakan sosok yang terkenal di kalangan anak-anak pada saat perayaan natal di Amerika Serikat dan seluruh negara lainnya. Dia digambarkan sebagai pria tua yang sering membagikan hadiah kepada anak-anak baik selama perayaan malam Natal. Dilansir dari britannica.com, Santa merupakan tokoh yang terbuat dari seorang pria bernama Saint Nicholas yang berasal dari Belanda. St Nicholas dikenal sebagai seorang pria yang baik hati dan kerap kali memberi hadiah kepada anak-anak pada kala itu. Banyak kisahnya yang diangkat menjadi cerita dongeng dan legenda lainnya. Salah satu cerita yang terkenal adalah ia disebutkan menyelamatkan tiga anak-anak dari sistem perbudakkan serta aksinya yang berkeliling dunia untuk membantu anak kecil yang membutuhkan bantuan dan memberikan mereka hadiah.

2. Kisahnya Masuk ke Amerika pada Tahun 1700-an

Kisah St Nicholas yang baik hati mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Amerika. Masuknya kisah legenda St.Nicholas atau yang mempunyai nama belanda Sinterklas ini ke Amerika membuat kisahnya semakin terkenal. Seiring berjalannya waktu nama Saint Nicholas berubah menjadi Santa Claus untuk memudahkan warga Amerika menyebutkan namanya. Waktu terus berjalan, kisah Santa Claus pun mengalami banyak perubahan dan kemajuan seperti kostum khasnya yang dipopulerkan oleh salah satu merek minuman bersoda yang membuat dirinya dikenal menjadi seorang pria dengan janggut putih dan kostum merahnya.

Selain itu banyak legenda lain yang mulai tersebar ke seluruh dunia, seperti sebutan ‘Twas the Night Before Christmas’ dimana sebutan ini berasal dari sebuah kisah yang ditulis oleh Clement Clarke Moore. Kisah itu berisikan tentang kegiatan Santa Claus yang akan datang di setiap malam Natal dan masuk ke dalam rumah melalui cerobong asap lalu meletakkan hadiah di bawah pohon natal yang ada di rumah tersebut.

3. Rusa Kesembilan Santa

Rudolph Salah satu legenda Santa Claus yang terkenal adalah tentang rusa kesayangannya atau rusa kesembilan Santa yaitu Rudolph. Dikisahkan bawah Rudolph merupakan rusa kecil yang memiliki hidung merah sehingga ia kerap dijauhkan oleh kelompok rusa lainnya. Namun keunikannya inilah yang membuatnya menjadi terkenal dan menjadi rusa kesayangan santa. Kini Rudolph menjadi salah satu tokoh terkenal yang bisa ditemukan di seluruh dunia pada saat perayaan Natal. Santa Claus kerap kali digambarkan bersama dengan Rudolph di sampingnya pada poster, patung, atau pajangan Natal lainnya. Begitu juga Rudolph yang kerap kali dibuat menjadi boneka anak-anak karena hidung merahnya yang gemas. Hal ini juga merupakan asal usul banyak orang yang memakai hidung merah palsu berbentuk bulat pada saat malam perayaan Natal.

Itu dia Sejarah Santa Claus yang merupakan tokoh ikonik di setiap perayaan Natal di seluruh dunia. Jangan lupa untuk tetap di rumah bersama keluarga atau memakai masker pada saat keluar rumah selama perayaan Natal 2021.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut