get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS: TNI Baku Tembak dengan KKB di Sugapa Papua Usai Bakar Sejumlah Fasilitas Pemerintah

KKB di Papua Bakar Pesawat Susi Air, Penumpang dan Pilot dalam Proses Pencarian

Selasa, 07 Februari 2023 | 14:29 WIB
header img
Ilustrasi Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua Foto: Antara

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Pesawat Susi Air dibakar oleh Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua pada hari ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa Ditjen Perhubungan Udara telah menerima laporan awal terkait kasus penyerangan pesawat milik maskapai Susi Air PK-BVY pada Selasa (7/2) pukul 06.17 LT di Lapangan Terbang (Lapter) Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Berdasarkan laporan, pesawat PK-BVY rute penerbangan perintis Timika - Paro take off normal dari Bandara Timika pukul 05.30 LT, dan landing pukul 06.17 LT di Lapangan Terbang Paro.

Adita mengatakan pihak Station Susi Air di Timika mendapat info dari Kapolres Kabupaten Nduga bahwa pesawat dirusak (dibakar).

"Serta kondisi pilot dan penumpang masih dalam proses pencarian," kata Adita dalam keterangan tertulis, Selasa (17/2/2023).

Adita mengatakan, saat ini Ditjen Hubud terus berkoordinasi dengan pihak keamanan TNI AU, dan rencananya pihak TNI AU akan terbang kembali melintasi Lapter Paro untuk membantu observasi keadaan disana.

"Ditjen Hubud memerintahkan Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke terus memonitor dan menyampaikan kondisi terkini pada kesempatan pertama," katanya.

Adapun dari pihak kepolisian Papua juga masih menyelidiki penyebab terbakarnya pesawat Susi Air tersebut.

Sekadar informasi, KKB diduga bakar pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 saat berada di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga.

"Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga," kata Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri.

Dijelaskan bahwa pesawat yang dipiloti Capten Philips M. berkebangsaan Selandia Baru membawa lima penumpang, termasuk seorang bayi.

Pesawat jenis Pilatus Porter terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

"Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro," kata Irjen Pol. Fakhiri.

Ketika ditanya kondisi pilot dan penumpang, Kapolda Papua mengaku belum dapat dipastikan.

"Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya," kata Kapolda Papua.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut