get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Salah Blokir Rekening Bank Pedagang Burung, Begini Penjelasan KPK

Pengakuan Setu si Tukang Becak Pembobol Duit Kelabui Teller BCA Ratusan Juta

Rabu, 25 Januari 2023 | 18:52 WIB
header img
Kasus pembobolan uang ratusan juta rupiah oleh tukang becak Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kasus pembobolan uang ratusan juta rupiah oleh tukang becak dengan mengelabuhi teller bank BCA masih menjadi perbincangan publik dan menarik untuk dibahas. Namun sejauh mana pelaku melancarkan aksinya sehingga berhasil membawa kabur uang lebih dari 3 ratus juta rupiah ini.
   
Adalah tukang becak bernama Setu, kini jadi sorotan setelah sukses mengelabui pegawai BCA dengan menyamar menjadi nasabah bernama Muin Zachry dan melakukan penarikan duit milik Muin sebesar Rp320 juta. 

Bersama pelaku lain Thoha sebagai otak pembobolan, Setu yang berprofesi sebagai tukang becak itu kini duduk di kursi pesakitan menjadi terdakwa di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur. Dalam sidang terungkap, Setu terlibat dalam kasus pembobolan tersebut setelah diajak berkenalan oleh M Thoha, orang yang sudah sepekan menyewa kamar di kos milik Muin pada Agustus 2022 lalu. Thoha bertemu saat Setu mangkal dengan becaknya di pinggir jalan di Surabaya pada Kamis, 4 Agustus 2022. 

Akal Cerdik Tukang Becak Bobol Tabungan Nasabah BCA hingga Ratusan Juta Saat itu, Thoha memang mencari orang yang wajah dan postur tubuhnya mirip dengan Muin. Itu dilakukan Thoha untuk melancarkan aksinya membobol duit di rekening Muin. 

Setu diminta menyamar jadi Muin untuk melakukan penarikan duit di kantor BCA. “Saya tiga hari kenal [Thoha],” kata Setu saat memberikan keterangan dalam sidang yang digelar secara daring, Selasa, 24 Januari 2023. 

Oleh Thoha, Setu mengaku diminta tolong agar mengambilkan duit di bank dengan alasan untuk biaya pengobatan ayahnya yang tengah sakit. Setu menyanggupi setelah Thoha menjanjikan upah Rp 5 juta. Ia pun bersiap diri mengikuti segala arahan dari Thoha, termasuk kata-kata yang akan disampaikan kepada teller ketika berpura-pura menjadi Muin. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut