Asal Usul Thermos Ternyata Bukan untuk Simpan Air Panas, Tak Disangka Ini Fungsi Awalnya Diciptakan

Mery
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 07:20 WIB
Asal Usul Thermos, Fungsinya Bukan Simpan Air Panas tapi untuk Simpan Gas Cair. Foto: Pinterest

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Asal usul Thermos tak banyak yang tahu, Thermos yang kita sering gunakan untuk menyimpan air panas ternyata awalnya merupakan vacuum flask yang dibuat dari tabung hampa udara untuk menyimpan gas cair.

Seorang ilmuwan Skotlandia James Dewar merupakan orang yang berjasa dalam penemuan Thermos dan kemudian diperkenalkan di pasaran oleh Reinhold Burger.

James Dewar, seorang ilmuwan yang pernah mengajar di Universitas Edinburgh dan Universitas Cambridge. Tahun 1892, James menciptakan tabung hampa udara yang mampu menjaga suhu cairan dan temuannya ini langsung populer.

Awalnya, Dewar menciptakan tabung hampa udara atau vacuum flask khusus untuk menyimpan gas cair dan tidak dipergunakan untuk kebutuhan harian di rumah-rumah penduduk. Dewar juga tak mau mematenkan temuannya. 

Kemudian, Reinhold Burger dan Albert Aschenbrenner, pengrajin kaca asal Jerman, menyadari bahwa tabung vacuum itu juga dapat digunakan untuk menyimpan minuman dengan suhu tertentu.

Mereka berdua akhirnya mencoba menginovasi penemuan Dewar, lalu terciptalah botol dengan desain yang lebih cocok digunakan bagi konsumen rumah tangga. 

Vacuum flask dengan tampilan baru ini  dipopuler secara komersil berkat Burger. Burger pun mengambil hak paten tersebut dan mendirikan sebuah perusahaan dan bahkan mensponsori sebuah sayembara untuk mendapatkan nama terbaik di temuannya.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini