get app
inews
Aa Read Next : Kerap Perkosa dan Siksa Kuda, Pria Ini Divonis 10 Tahun Penjara

Siskaeee Idap Parafilia, Kenali 8 Jenis Fantasi Seks pada Parafilia

Senin, 13 Desember 2021 | 09:33 WIB
header img
Ketahui Jenis Fantasi Seks dari Parafilia (Foto: Istimewa/Okezone)

CIREBON, iNews.id - Kelainan seksual yang menimpa Siskaeee pelaku aksi asusila di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akhirnya mendapat tanggapan dari Seksolog, Dokter Boyke yang akhirnya berkomentar bahwa Siskaeee mengidap parafilia

"Itu parafilia. Pria atau wanita yang menikmati fantasi dan kepuasan seksual dengan melakukan hal yang tidak lazim," tutur Dokter Boyke saat jadi bintang tamu Hotman Paris Show di iNews TV baru-baru ini.

Seksolog ternama itu menyebut pengidap parafilia masih bisa disembuhkan. 

"Bisa sembuh, asal traumanya bisa disublimasi atau dialihkan," jelas Dokter Boyke.

Dilansir dari Wikipedia, Parafilia sendiri adalah pengalaman berbentuk rangsangan seksual yang hebat terhadap benda-benda, situasi, fantasi, perilaku, atau individu tak biasa.

Menurut DSM-5 (Diagnostic dan Statistical Manual of Mental Disorders) yang ditetapkan oleh APA (American Psychiatric Association, Parafilia berhubungan dengan gangguan emosional yang melibatkan perilaku, dorongan, atau fantasi. 

Orang dengan parafilia cenderung memiliki ketertarikan seksual pada objek tertentu yang tak biasa, bahkan terkesan menyimpang.

Masih belum diketahui pasti penyebab dari kelainan seksual ini. Namun beberapa orang dianggap lebih mudah mengidap parafilia. Misalnya orang-orang dengan gangguan harga diri, manajemen kemarahan, kesulitan menunda kepuasan, kemampuan berempati yang buruk, dan pengetahuan yang salah.

Beberapa kasus penderita parafilia juga mengalami gangguan kepribadian lain seperti penggunaan obat terlarang, gangguan kecemasan, dan sebagainya.

Berikut beberapa penyimpangan seksual yang masuk dalam jenis parafilia :

1. Voyeuristic Disorder

Salah satu perilaku seks menyimpang di mana seseorang mendapatkan kepuasaan ketika mengintip orang tanpa busana atau sedang melakukan aktivitas pribadi.

Penderita mengalami gairah seksual yang berulang dan intens (fantasi, dorongan atau perilaku) dengan mengamati orang yang telanjang atau mendapat kepuasan ketika proses melepas pakaian atau sedang dalam aktivitas seksual yang berlangsung selama 6 bulan. Penderita harus minimal berusia 18 tahun.

2. Exhibitionistic Disorder

Seseorang dengan exhibitionistic disorder memiliki fantasi seks yang mendorong gairah seksual secara berulang dan intens dengan mengekspos kelamin ke orang asing. 

Terkadang rangsangannya akan semakin kuat ketika orang lain meresponsnya dengan kaget atau berteriak.

3.Frotteuristic Disorder

Penderita mengalami gairah seksual yang berulang dan intens (fantasi, dorongan, atau perilaku) yang melibatkan sentuhan dan gesekan terhadap orang lain. 

Dapat dikatakan mengalami Frotteuristic disorder jika gejalanya menetap selama 6 bulan.

Secara umum, orang dengan frotteuristic disorder akan melampiaskan gairahnya di tempat umum, misalnya seperti di angkutan umum yang ramai dan sesak. Mereka akan menggesekkan kemaluannya pada penumpang lain. 

4. Sexual Masochism Disorder

Jenis parafilia yang satu ini cenderung unik dibandingkan dengan yang lain karena penderita dengan sexual masochism disorder dapat mencapai puncak gairah ketika dirinya sendiri merasa tersakiti dengan disiksa, dihina, dipukuli selama berhubungan intim. 

5.Sexual Sadism Disorder

Penderita sexual sadism disorder mendapatkan kepuasan seksual dengan memberi rasa sakit baik secara fisik atau psikologi pada pasangan ketika bercinta. 

Misalnya seperti mempermalukan, menyakiti, memukul, atau mengikat orang lain. 

6. Pedophilic Disorder

Kategori parafilia ini menimpa anak-anak menjadi korbannya untuk dijadikan objek fantasi guna mencapai puncak kenikmatan.

Banyak menimpa anak atau anak praremaja (umumnya ≤13 tahun).Penderita berusia minimal 16 tahun dan setidaknya 5 tahun lebih tua dari korban, mereka yang ada di masa remaja akhir yang terlibat dalam hubungan seksual yang sedang berlangsung dengan anak berusia 12 atau 13 tahun dikecualikan.

7. Fetishistic Disorder

Fetishistic disorder manjadi salah satu kategori parafilia yang menjadikan benda mati atau objek di luar organ seksual guna membangkitkan gairah seksual.

Fetish tidak terbatas pada pakaian wanita yang digunakan dalam cross-dressing (seperti pada gangguan transvestic) atau perangkat yang dirancang untuk stimulasi genital (misalnya, vibrator).

8. Transvestic Disorder

Transvestic disorder termasuk kategori parafilia yang memiliki kepuasan seksual dengan berfantasi menggunakan pakaian lawan jenis (cross-dressing)

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut