get app
inews
Aa
Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Kampung Ular Kertasura Cirebon, Tempat Ribuan Ular Dikuliti Setiap Hari

Senin, 28 November 2022 | 07:29 WIB
header img
Kampung Ular Kertasura Cirebon. Foto: Tangkapan Layar kanal Youtube Aurelia Eva

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Satu lagi kampung unik di Cirebon yakni Kampung Ular Kertasura, dimana terkenal sebagai pemasok kulit ular terbesar di dunia.

Menelusuri jalan di kampung ular yang terletak di Desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tentunya menjadi pengalaman yang menakjubkan sekaligus mengerikan. Di kampung ini, terdapat puluhan hingga ribuan ular hidup beragam jenis terdapat dalam rumah warga. 

Ular yang dianggap sebagai hewan yang mengerikan bagi masyarakat umum, tentu tidak berlaku bagi warga di kampung ular Kertasura ini. Ular-ular yang didapat dari para pemburu ular menjadi berkah tersendiri bagi warga di perkampungan ular ini terutama saat musim penghujan tiba, hal itu lantaran hampir semua warga di tempat ini memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin kulit ular.

Di sepanjang jalan perkampungan ini, Anda dapat menjumpai pembantaian ular dimana setiap minggunya terdapat ribuan ular dibunuh dan dikuliti. Tampak kulit-kulit ular yang telah terlepas dari dagingnya menumpuk di lantai pada area rumah-rumah warga untuk diproses menjadi barang baku pembuatan aksesoris seperti tas, dompet, ikat pinggang dan pakaian. Bahkan komoditas kulit ular asal desa Kertasura ini telah merambah ke berbagai belahan dunia.

Adapun jenis ular yang ditangkap merupakan ular khusus yang hidup di air baik asin, tawar maupun payau. Ular yang diambil merupakan hewan melata yang dianggap hama bagi petani, peternak hingga petambak.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut