get app
inews
Aa Read Next : Bongkar Kode Rahasia Pramugari Jika Naksir Penumpang Pesawat, Anda Perlu Tahu

Inilah 4 Rahasia Pilot dengan Pramugari Jarang Disadari Penumpang Pesawat

Rabu, 02 November 2022 | 21:54 WIB
header img
Inilah 4 Rahasia Pilot dan Pramugari Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Terdapat 4 rahasia pilot dengan pramugari jarang yang disadari penumpang pesawat. Mulai dari tempat istirahat, hingga gestur tertentu, deretan rahasia ini hanya diketahui oleh sesama staf penerbangan.

Pesawat merupakan moda transportasi yang nyaman untuk traveling ke seluruh dunia. Selain dapat menghemat waktu, pesawat juga menyediakan layanan terbaik untuk para penumpangnya.

Di balik layanan tersebut, terdapat 4 rahasia pilot dengan pramugari yang tidak dikatakan kepada penumpang.

 

1. Tempat istirahat dalam pesawat

Apakah pilot boleh tidur selama penerbangan? Jawabannya adalah iya. Sebab, beberapa jenis pesawat dilengkapi dengan tempat istirahat untuk pilot dan pramugari. Tempat ini dinamakan crew compartment.

Seperti pesawat Boeing 777 dan Boeing 787, mereka mempunyai tangga rahasia yang mengarah ke tempat tersebut.

Biasanya tempat ini berada jauh di bagian belakang kokpit pesawat dan berada di kabin kelas 1, sehingga penumpang jarang mengetahui hal ini.

2. Pesawat sudah tua

Tidak banyak penumpang yang menyadari berapa usia pesawat ketika terbang. Tetapi Anda mungkin pernah menemukan tempat duduk yang sedikit robek atau bagian dalam pesawat yang terlihat usang.

Berdasarkan data, usia rata-rata maskapai penerbangan di Amerika Serikat yaitu sekitar 14 tahun. Sementara di Indonesia peswat komersial yang masih terbang hingga kini berusia sekitar 24 sampai dengan 25 tahun. 

3. Pilot juga merasa lelah

Bukan cuma penumpang lho yang merasa kelelahan selama penerbangan panjang. Pilot juga merasakan hal yang sama sebab mereka adalah manusia biasa. Terlebih saat mereka menerbangkan pesawat dengan durasi lebih dari 10 jam.

Tetapi pilot bertanggung jawab dengan keselamatan penumpang, sehingga mereka tidak dapat tidur kapan pun yang mereka mau. Pilot harus bekerjasama dengan kopilot terlebih dahulu untuk mengatur jadwal tidur mereka.

4. Meletakkan tangan ke belakang

Bagi anda yang suka traveling dengan pesawat, tentu pernah melihat pramugari meletakkan tangannya ke belakang punggung. Biasanya Anda melihat ini saat naik dan turun dari pesawat.

Arti gestur ini bukan berarti pramugari menolak berjabat tangan dengan penumpang.

Saat pramugari meletakkan tangannya ke sisi belakang, mereka sebenarnya sedang memegang counter atau alat penghitung. Alat itu digunakan untuk menghitung penumpang pesawat ketika naik dan turun.

Cara ini memang dilakukan secara rahasia agar tak menarik perhatian penumpang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut