get app
inews
Aa
Read Next : Cara Ajukan Sebagai Penerima BLT BBM, Berikut Tahapanya Mudah dan Cepat

Info Pencairan BLT BBM 2022, Bisa Diambil di RT/RW Ini Saratnya

Senin, 26 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Info Tempat Pencairan BLT BBM 2022, Simak Aturanya ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Bahan Bakar Minyak ( BBM) sudah mulai dicairkan kepada masyarakat. 

Pemerintah sendiri menyiapkan tambahan anggaran bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun. Di mana, BLT ini diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat. BLT BBM ini pun dibagikan senilai Rp600.000.

Berikut Informasi BLT BBM di himpun iNewsCirebon.id

1. 20,6 Juta Orang Bisa Dapat

BLT BBM diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat dibagikan senilai Rp600.000. Pemerintah menetapkan besaran BLT BBM Rp150.000 dibagikan selama empat bulan, terhitung sejak bulan ini.

Adapun koordinasi mengenai data penerima manfaat BLT BBM dengan Kementerian Sosial akan diintensifkan, sehingga 20,6 juta orang bisa segera mendapatkannya.

2. Proses Penyaluran Dimaksimalkan

Pos Indonesia juga meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut Pemda, dinas sosial, aparat setempat, kepolisian dan tentara atau mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar. Hal tersebut dilakukan agar penyaluran dapat dilakukan dengan cepat.

 3. Pencairan dengan Tiga Cara

- Pertama, mengambilnya di kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos.

- Kedua, menyalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

- Ketiga, diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

4. Ada yang Diantar ke Rumah

Khusus yang diantar ke rumah, PT Pos Indonesia mengungkapkan bahwa pelayanan khusus terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) program bantuan langsung tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak bisa mengambil sesuai jadwal karena sakit dengan diantarkan ke rumahnya.

"Selain yang berhalangan mengambil karena sakit, ada pula yang melakukan konfirmasi tidak bisa mengambil di balai desa atau Kantor Pos karena merupakan penyandang disabilitas

5. Penerima BLT BBM

Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan BLT BBM kepada 16.243.960 (16,24 juta) keluarga penerima manfaat (KPM) hingga Sabtu 17 September 2022 malam.

Kemensos melalui PT Pos Indonesia telah melakukan pembayaran BLT BBM di 494 kota/kabupaten.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut