Viral, Ratusan Jasad Masih Utuh Bahkan Tercium Wangi di Pemakaman Cilegon Banten

Riant Subekti/Net Cirebon
.
Selasa, 20 September 2022 | 16:51 WIB
Viral Ratusan Jasad Masih Utuh Bahkan Tercium Wangi di Pemakaman Cilegon Banten ( Foto : MNC)

BANTEN, iNewsCirebon.id -Sebanyak 152 jasad dari 300 makam yang dialihkan ditemukan masih utuh dan tercium wangi saat digali oleh warga beserta pihak keluarga.

Kegiatan relokasi makam yang dilakukan PT Pancapuri, atau anak usaha PT Chandra Asri menjadi perbincangan warga setempat yang diketahui telah berlangsung selama sepekan pada 25 Agustus 2022 lalu.

Diketahui, pemindahan makam ini dilakukan saat relokasi perluasan perusahan kimia terbesar di Kota Cilegon. Lokasi pemakaman umum itu tepatnya berada di Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan. Pengakuan warga, jasad tak hanya utuh ratusan jasad itu pun tercium aroma wangi dan tidak berbau jasad yang terkubur lama. 

"Itu ada satu jenazah yang masih utuh kakak saya itu kulitnya masih ada," ucap salah satu keluarga, Safi'ah, Senin (19/8/2022).

Diketahui, aktivitas pembongkaran makam tersebut terjadi pada tanggal 25 Agustus 2022 lalu. Dari 319 makam yang dibongkar, ada 152 jasad yang kondisi masih utuh.

"Bapak saya sudah terkubur sekitar 18 tahun itu alhamdulillah masih utuh," kata pengurus fasilitas umum dan sosial di Desa Cilodan, Mahrij.

"Itu keajaiban, ada yang memang wangi dan jasadnya masih utuh. Kulitnya masih utuh juga," ucapnya lagi.

Pemindahan makam tersebut dilakukan atas dasar ruislag atau persetujuan masyarakat setempat dengan perusahaan.

Menurut warga, dahulunya wilayahnya ini merupakan daerah pondok pesantren. Jika ada yang meninggal dunia jasadnya dikubur di tempat ini. Saat ini, sejumlah jenazah yang dibongkar tersebut sudah dimakamkan kembali di wilayah Anyer, Kabupaten Serang.

 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini