get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pastikan Anggotanya Tidak Terima Bansos

Miris! Ribuan ASN di Kabupaten Cirebon Masuk Dalam Daftar Penerima Bansos

Rabu, 24 November 2021 | 18:25 WIB
header img
Kadinsos Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar (Foto: Ist)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon tidak menampik adanya Aparat Sipil Negara (ASN) yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Dari data yang berhasil dihimpun jumlah ASN yang masuk dalam DTKS sebanyak 2.103 KK, pegawai BUMD 115 KK, Dokter 33 KK, anggota DPRD sebanyak 5 KK, karyawan BUMN sebanyak 603 KK, kepala desa 83 KK, Polri 278 KK, TNI 278 KK.

Data tersebut ditemukan setelah Dinas Sosial (Dinsos) melakukan verifikasi dan validasi (Verval) mencari vaktualisasi pada data DTKS.

"Sampai saat ini masih terus melakukan verval pada DTKS dan masih melakukan konfirmasi ke instansi yang terkait soal adanya dugaan ASN yang menerima bantuan sosial," ujar Kadinsos Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar, Rabu (24/11/2021).

Iis juga mengatakan, kalau dirinya tidak mengerti data itu bisa masuk dalam DTKS, dirinya menduga data tersebut masuk melalui sapa warga sebagai program bantuan Gubernur Provinsi Jabar maka perlu dilakukan verval agar jumlah yang masuk dalam DTKS bisa dipastikan.

“Belum tentu yang masuk DTKS menerima bansos bahkan ada yang berhak tidak dapat bansos dan tidak berhak mendapatkan bansos,” tegas Iis.

Bilamana ada yang menerima bansos, sambung Iis, maka ASN yang menerima diwajibkan mengembalikan hanya saja dirinya mempertanyakan mekanisme pengembaliannya seperti apa.

“Kemungkinan ada saja yang menerima namun harus pasti dulu siapa aja yang nerima, bilamana data sudah fix maka kedepan diusulkan data tersebut minta di hapus oleh pusdatin,” ungkap Iis.

Pihaknya sampai sejauh ini masih memastikan dari hasil penelusuran DTKS tersebut terkait penerimaan bansos.

“Sampai sejauh ini kami masih bekerja untuk mengetahui faktualitas dari hasil DTKS yang berhasil dihimpun soal ASN untuk mengetahui siapa saja yang menerima bansos, kami berharap minggu ini bisa selesai,” ujar Iis.
 

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut