get app
inews
Aa Read Next : 3 BRT Trans Cirebon Koridor 2 Resmi Beroperasi, Berikut Rutenya

Negara di Dunia Gratiskan Transportasi Umum, Indonesia Apakah Termasuk

Kamis, 15 September 2022 | 15:10 WIB
header img
Negara Didunia Gratiskan Transportasi Umum, Indonesia Apakah Termasuk ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara di dunia yang sudah menggratiskan transportasi publiknya, Keberadaan transportasi publik sangat penting dalam memudahkan mobilitas masyarakat hingga menjadi solusi bagi kemacetan. 

Melansir dari beberapa laman media, berikut ini ulasan dari negara-negara di dunia yang sudah menggratiskan transportasi publiknya.

1. Spanyol

Sejak 1 September 2022, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan bahwa tiket multi-perjalanan untuk kereta yang dioperasikan oleh jaringan Cercanias, Rodalies, dan Media Distance akan digratiskan hingga akhir tahun. Langkah ini dipilih pemerintah setempat untuk mendorong penggunaan angkutan umum secara maksimal. Selain itu, pemerintah juga akan menjamin kebutuhan perjalanan dan memperlihatkan bahwa transportasi umum merupakan sarana transportasi yang aman, andal, nyaman, ekonomis, dan berkelanjutan di tengah naiknya harga bahan bakar.

2. Jerman

Pemerintah Jerman memilih lima kota paling berpolusi di Jerman sebagai model dari skema transportasi umum gratis. Kota tersebut adalah Bonn, Essen, Reutlingen, Mannheim, dan Herrenberg. Sejak tahun 2018, Jerman terancam mendapatkan hukuman dari Uni Eropa karena memiliki kualitas udara yang buruk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah Jerman mendorong warga agar tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih pada moda transportasi umum yang gratis.

3. Luksemburg

Sejak 1 Maret 2020, Luksemburg menjadi salah satu negara pemrakarsa yang menawarkan transportasi gratis untuk warganya. Meskipun terkenal sebagai negara dengan jumlah kepemilikan mobil terbesar per populasi di Eropa, Pemerintah Luksemburg melalui Menteri Mobilitas dan Pekerjaan Umum Francois Bausch mengatakan bahwa upaya ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan sosial. Masyarakat yang memiliki upah rendah di sana menjadikan biaya transportasi sebagai permasalahan yang serius. Oleh karena itu, langkah ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat berpendapatan rendah.

4. Prancis

Prancis menjadi pemrakarsa transportasi publik gratis. Pasalnya, negara ini telah berjanji untuk melarang penjualan mobil bensin dan diesel pada tahun 2040. Di tahun yang sama, negara ini juga akan melarang mobilitas mobil bensin dan diesel. Hingga saat ini terhitung sudah ada 23 kota di Perancis yang menawarkan transportasi umum gratis.

5. Amerika Serikat

Pemerintah Kansas City, Amerika Serikat memberikan bus gratis kepada warganya. Sejak tahun 2021, program tersebut telah dilaksanakan. Untuk menyukseskan program tersebut, pemerintah setempat secara khusus menyisihkan anggaran sebesar 8 juta dolar AS. Diketahui, langkah ini diselenggarakan untuk mengatasi masalah ketidaksetaraan dan melawan krisis iklim.

6. Indonesia

Negara selanjutnya adalah Indonesia. Meskipun belum terjadi di seluruh kota Indonesia, beberapa kota Indonesia menggratiskan transportasi umum. Adapun kota-kota yang telah menerapkan langkah tersebut di antaranya adalah Tabalong di Kalimantan Selatan dengan inovasi Langsat Manis (Layanan Angkutan Masyarakat Nyaman dan Gratis) serta Jakarta dengan Jak Lingko-nya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut