get app
inews
Aa Read Next : BCA dan Perdami Hadirkan Operasi Katarak Gratis, Cegah Kebutaan

Manula Usia 108 tahun, Jalani Operasi Katarak di RS MM Indramayu

Senin, 15 November 2021 | 17:12 WIB
header img
Ketua Panitia Baksos operasi katarak RS MM Indramayu, dr. Nana Hidarta dan sejumlah pasien penderita katarak yang sudah dioperasi (Foto: Candra)

INDRAMAYU, iNews.id - Rumah Sakit (RS) MM Indramayu operasi 300 pemderita katarak secara gratis, dalam rangka bakti sosial (Baksos).Ketua Panitia Baksos operasi katarak RS MM Indramayu, dr. Nana Hidarta mengatakan, Baksos tersebut diperuntukan untuk masyarakat Indramayu dan sekitarnya.

Sementara untuk pelaksanaannya, dilakukan selama 2 hari, dengan target 300 pasien penderita katarak sudah teroperasi."Kita target penjaringan 400 orang, setelah penjaringan kita lakukan screening (penyaringan) terlebih dahulu. Target operasi selama 2 hari yaitu 300 orang," kata Dokter Nana saat ditemui di lokasi pelaksanaan Baksos, RS MM Indramayu, Senin (15/11/2021).

Ia merinci, dari data pasien penderita yang masuk, umur tertua adalah 108 tahun dan termuda 17 tahun. Sedangkan, alamat yang terjauh dari ada dari Subang dan Cirebon.

Dokter Nana melanjutkan, untuk tenaga medis atau dokter mata yang dikerahkan ada sebanyak 9 dokter. "Operasinya bejalan kurang lebih tidak sampai 10 menit selesai," ucapnya.

Dijelaskannya, acara tersebut terlaksana berkat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

Di tempat yang sama, Selamet (50), salah satu pasien penderita katarak yang sudah dioperasi berkat adanya Baksos RS MM Indramayu hari ini. Selamet mengaku sudah 2 tahun menderita katarak.

Ia berharap, dengan operasi tersebut bisa melihat dengan lebih jelas lagi. "Sudah 2 tahun, mudah-mudahan bisa lihat aja, bisa baca koran bisa naik motor. Soalnya kalau malam tidak bisa, kalau siang agak bisa, terus baca koran juga sudah tidak bisa. Sekarang mah mudah-mudahan bisa," ujar Selamet.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan ungkapan terimaksih kepada RS MM Indramayu, atas segala kebaikannya dalam Baksos tersebut.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut