get app
inews
Aa Read Next : Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI, Timnas Semakin Kuat di Kualifikasi Piala Dunia 2026

8 Pesepak Bola Dunia Keturunan WNI, No 5 Eks Pemain Manchester United

Minggu, 21 Agustus 2022 | 17:07 WIB
header img
Pemain sepak bola dunia keturunan WNI (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tak banyak yang tau jika beberapa pesepak bola yang reputasinya diperhitungkan di Eropa ternyata berdarah Indonesia. Bahkan, beberapa dari mereka yang masih muda ada yang berhasil mencuri perhatian PSSI dan pernah akan direkrut untuk membela Timnas. Sayangnya, para pemain keturunan Indonesia tersebut tidak pernah bermain untuk Tim Garuda.

Berikut 8 pemain sepak bola dunia keturunan WNI:

1. John Heitinga
Pertama ada mantan pemain, John Heitinga yang merupakan keturunan Indonesia - Belanda. Mantan punggawa Timnas Belanda itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Jakarta. Selain itu, kakek dari John Heitinga juga berasal dari Indonesia, tepatnya di Belitung.

2. Jayden Oosterwolde
Kedua, Jayden Oosterwolde. Pesepak bola muda yang memiliki darah Indonesia. Pemain berposisi sebagai bek kiri ini sejatinya lahir di Zwolle, Belanda, pada 26 April 2001.

Pelatih Shin Tae-yong pernah tertarik dengan Jayden Oosterwolde agar bisa direkrut untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Namun, ajakan Shin Tae-yong itu dimentahkan begitu saja oleh sang pemain lantaran Oosterwolde lebih memilih membela Timnas Belanda.

3. Jairo Riedewald
Pemain yang satu ini mungkin cukup asing bagi fans sepak bola di Indonesia. Jairo Riedewald adalah pemain keturunan Indonesia yang sekarang berkarier untuk Crystal Palace di Liga Inggris.

4. Emil Audero Mulyadi
Nama Emil Audero Mulyadi pernah menjadi sorotan jagat sepak bola Tanah Air beberapa waktu lalu. Ia adalah pemain yang lahir di Indonesia, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 Januari 1997.

Ayah Emil adalah Edy Mulyadi, sedangkan ibunya bernama Antonela Audero yang berasal dari Italia. Emil pernah dipanggil Timnas Indonesia pada 2016, tetapi dengan tegas menolaknya.

5. Robin van Persie
Salah satu legenda hidup sepak bola Belanda, Robin van Persie, juga diketahui keturunan Indonesia. Eks pemain Manchester United dan Arsenal ini memiliki darah Indonesia dari sang nenek. Nenek dari ibu Robin van Persie berasal dari Surabaya.

6. Radja Nainggolan
Radja Nainggolan juga pernah membela sejumlah klub papan atas Eropa, khususnya Serie A seperti AS Roma dan Inter Milan. Radja Nainggolan memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya. Sementara sang ibu diketahui asli Belgia.

7. Nigel de Jong
Nigel de Jong juga memiliki garis keturunan Belanda-Indonesia. Nigel de Jong memiliki darah Indonesia dari Ibunya yang berasal dari Ambon. Sementara, ayah Nigel de Jong diketahui dia berasal dari Suriname yang penduduknya terkenal merupakan keturunan Jawa.

Namun, Nigel de Jong memilih menjadi warga negara Belanda. Sebelum gantung sepatu pada 2021 silam, Nigel de Jong pernah membela sejumlah klub besar Eropa seperti Ajax yang membesarkan namanya, Manchester City, hingga AC Milan.

8. Giovanni van Bronckhorst
Pemain legendaris Barcelona, Giovanni van Bronckhorst atau akrab dipanggil Gio rupanya juga berdarah campuran Belanda - Indonesia. Gio sendiri memiliki keturunan Maluku dari darah Ibunya, yang bernama Fransien Sapulette.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut