get app
inews
Aa Read Next : Nekat! Puluhan Pelajar Terlibat Tawuran Dekat Markas Kodim Kota Cirebon

4 Anggota TNI Banting Setir Jadi Artis, Ada yang Terlibat Perang Kemerdekaan RI

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 21:50 WIB
header img
Deretan anggota TNI yang banting setir jadi artis. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Inilah deretan anggota TNI yang banting setir jadi artis. Meski awalnya mereka menjalani karier sebagai abdi negara, namun pada akhirnya harus banting setir sebagai artis. Tak pernah ada yang tahu bagaimana takdir setiap orang.

Bukan tanpa alasan akhirnya para anggota TNI ini menjadi artis. Selain karena mereka tidak lagi menjabat atau sudah pension, karier sebagai artis pun bisa menyokong kondisi keuangan keluarga kala itu. Penasaran ada siapa saja?

Berikut ini para anggota TNI yang banting setir jadi artis:

1. Tessy Srimulat
Siapa sangka komedian Tessy Srimulat dulunya adalah seorang TNI. Pria yang memiliki nama asli Kabul Basuki ini seorang mantan anggota Korps Marinir di TNI Angkatan Laut untuk operasi pembebasan Irian Barat pada era 1961-1963.

Pada akhirnya, dia terjun ke panggung hiburan rakyat di Surabaya. Namanya kian melambung tinggi usai bergabung di Srimulat (Surabaya) pada 1979.

2. Kris Biantoro
Anggota TNI yang banting setir jadi artis selanjutnya ada Kris Biantoro. Seorang aktor legendaris Indonesia ini sudah banyak membintangi judul film era 1970-an. Sebut saja Si Manis Jembatan Ancol (1973) dan Bulan di Atas Kuburan (1973). Pria kelahiran Magelang, 17 Maret 1938 ini juga pernah terlibat perang dalam merebut kemerdekaan.

Dia masuk jajaran veteran kemerdekaan Republik Indonesia yang terlibat dalam Operasi Trikora. Beliau menghembuskan napas terakhir pada 13 Agustus 2013.

3. Kaharudin Syah
Selanjutnya ada Kaharudin Syah. Dia juga merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut dan telah memiliki pangkat Letnan Kolonel. Meskipun dia lebih memilih berkarier di dunia akting, Kaharudin Syah sempat membintangi film Naga Bonar dan Catatan Si Boy.

Aktor kelahiran Tebing Tinggi ini juga sudah tutup usia pada 12 Maret 2012.

4. Amoroso Katamsi
Terakhir ada Amoroso Katamsi. Merupakan aktor legendaris Indonesia yang mulai merambah ke dunia hiburan sejak membintangi film yang berjudul Penumpasan Pengkhianatan G30 S/ PKI pada 1982. Di film itu Amoroso Katamsi berperan sebagai Jenderal Soeharto. Selain itu dia juga pernah didapuk jadi bintang sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Rupanya sebelum menjajal dunia akting, Amoroso merupakan mantan ketua PARFI dan TNI Angkatan laut.

Lihat juga: https://cirebon.inews.id/read/139769/5-artis-cantik-dapat-uang-bulanan-fantastis-ada-yang-terima-rp3-miliar-per-bulan

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut