get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Dlugdag Keraton Kesepuhan Cirebon, Penanda Masuknya Bulan Ramadan

Soal Festival Seni dan Budaya, Dewan Kalungguhan Minta Masyarakat Objektif

Selasa, 09 November 2021 | 11:46 WIB
header img
Taman Air Gua Sunyaragi, salah satu situs bersejarah yang menjadi destinasi wisata di Kota Cirebon (Foto : Istimewa)

KOTA CIREBON, iNews.id - Dewan Kalungguhan Keratonan Kasepuhan versi Lukman Zulkaedin, R Ardhy Kusumah, angkat bicara soal rencana Festival Seni dan Budaya yang akan dilaksanakan pada 26-28 November 2021 yang akan datang di Goa Sunyaragi, Kota Cirebon.

Ardhy menilai kalau kegiatan festival itu adalah salah satu upaya untuk melestarikan seni dan budaya yang ada tidak hanya di Keraton Kasepuhan saja, melainkan dari Kerjaan lainnya di Nusantara.

Untuk itu, Ardhy meminta kepada masyarakat untuk melihat festival ini dari sudut pandang yang benar bukan melihat dari sisi lain.

"Saya minta kepada pemangku kepentingan di Kota Cirebon harus bijak melihat kegiatan festival ini, dan jangan di putar balikkan, sehingga masyarakat kebingungan menanggapi festival ini," ujar Ardhy, Senin (8/11/2021).

Ardhy juga mengatakan, jika pemangku kepentingan yang ada di Kota Cirebon berlaku subjektif, dirinya khawatir Seni dan Budaya yang selama ini kita jaga bersama untuk tetap lestari akan pudar ditelan kepentingan yang tidak berdasar.

"Kalau kita masih saling tuding, ini kapan mau selesainya, dan gimana bisa berkembang kalau terus dikebiri dengan permasalahan yang tidak jelas, dan konflik di Keraton Kasepuhan saya rasa sudah cukup jelas kalau Sultan yang bertahan baik de facto atau de jure dan hukum positif adalah Lukman Zulkaedin," katanya.

Adanya festival seni dan budaya ini juga di katakan Ardhy, bisa mengangkat Kota Cirebon ke luar sehingga output dari kegiatan festival seni dan budaya ini adalah banyaknya wisatawan yang datang ke Kota Cirebon.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut