get app
inews
Aa Read Next : Ini Hasil Drawing Piala AFF 2022, Indonesia Bakal Bertemu dengan Thailand

Indonesia Ingin SEA Games 2021 Digelar Tepat Waktu, Ini Alasannya

Selasa, 08 Juni 2021 | 16:56 WIB
header img
Ketua KOI, Raja Okto Saptahari (Foto: Admiraldy/MPI)

JAKARTA, iNews.id- Pesta olahraga SEA Games 2021 di Vietnam terancam diundur. Penyebabnya, lantaran kasus Covid-19 kembali meningkat. Hanya saja Indonesia bersikeras agar SEA Games 2021 berjalan tepat waktu. Ada kemungkinan SEA Games 2021 direncanakan 21 November hingga 3 Desember, namun ditunda sampai Maret atau Juni 2022.

Itu pun, panitia penyelenggara masih ragu. Belum lagi, waktunya terlalu mepet dengan SEA Games ke-32 di Kamboja pada Mei 2023. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sekaligus Ketua NOC Indonesia, Raja Okto Saptahari menjelaskan alasan utama Indonesia tetap ingin SEA Games digelar tepat waktu. Pertama, dia menilai sudah tidak ada lagi waktu, jika diundur hingga 2022 mendatang.

“NOC Indonesia bersama dengan NOC lainnya di Asean sepakat untuk tidak menunda SEA Games karena beberapa alasan. Tantangan mekanisme anggaran lompat tahun yang hampir serupa dengan negara tetangga,” kata Raja Okto ketika dihubungi MPI, Selasa (8/6/2021).

Dia menjelaskan persiapan masih ada waktu lima bulan. Menurutnya cukup untuk mempersiapkan semua keperluan untuk menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Alasan terakhir, jika diundur kemungkinan akan menganggu agenda olahraga lainnya di tahun 2022. Salah satunya Asian Games. “Selain itu, waktu masih 5 bulan. Kemudian nanyak agenda tahun depan, seperti Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) dan Asian Games,” ujarnya.

Sumber lain dari Vietnam mengatakan, bahwa hingga saat ini penyebaran virus Covid-19 yang belum teratasi jadi alasan utama yang membuat gelaran SEA Games harus ditunda dengan alasan keselamatan.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut