get app
inews
Aa Read Next : 3 Tips Menghilangkan Hitam Dibawah Mata, Catat Cara Mudahnya

10 Cara Menghilangkan Milia yang Membandel Bertahun-tahun

Sabtu, 23 Juli 2022 | 05:10 WIB
header img
Milia kerap muncul di wajah (Foto: Istimewa)

MILIA merupakan benjolan putih kecil yang kerap muncul di kulit wajah. Mereka biasanya muncul di hidung, pipi, dan dagu, meskipun mereka mungkin muncul di tempat lain. Dianggap mengurangi penampilan lantas bagaimana cara menghilangkan milia yang membandel selama bertahun-tahun?

Milia berkembang ketika serpihan kulit terperangkap di bawah permukaan kulit, atau ketika keratin menumpuk dan terperangkap. Milia paling sering terjadi pada bayi baru lahir.

Faktanya, 40 hingga 50 persen bayi yang baru lahir memiliki milia di kulit mereka dalam waktu satu bulan setelah lahir, menurut ulasan tahun 2008. Namun milia juga bisa menyerang anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah lebih banyak milia terbentuk.

Melansir Only My Health, berikut 10 cara menghilangkan milia di wajah.

Air mawar

Air mawar dianggap sebagai salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menghilangkan milia. Cukup percikkan beberapa tetes air mawar ke area kulit yang terkena. Anda dapat melakukan ini setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk hasil yang baik.

Madu manuka

Madu Manuka sedikit berbeda dari madu biasa karena pengayaan sifat anti-bakterinya.

Manuka membedakan dirinya dari madu biasa karena lebih gelap, tebal dan berasal langsung dari tanaman manuka.

Madu ini memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi alami yang membantu menghilangkan milia di wajah. Selain itu, juga menjadi bantuan dalam mencegah infeksi mikroba lebih lanjut.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari pengobatan rumahan ini adalah dengan mengoleskan satu sendok madu manuka pada kulit Anda secara merata dan biarkan selama sekitar 30 menit. Kemudian, bilas dan lakukan ini setiap hari untuk perbaikan kondisi kulit Anda.

Lulur gula lemon

Lulur gula dan lemon dapat bertindak sebagai eksfoliator untuk kulit Anda. Pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan pori-pori kulit dan sel-sel kulit mati. Butiran gula berguna untuk scrub, sehingga menjadikannya sebagai obat alami untuk milia di rumah.

Lulur gula dan lemon bermanfaat untuk mengangkat sel-sel mati dan racun ekstra pada kulit. Ambil saja jus lemon dan tambahkan sedikit gula ke dalamnya. Campur dan oleskan pada wajah Anda.

Pijat dengan lembut selama sekitar 15-20 menit dan ulangi proses ini setiap hari. Bintik-bintik milia Anda akan berkurang dalam waktu seminggu.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut