get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Pesta Laut Masyarakat Desa Citemu, Ungkapan Rasa Syukur Dengan Sedekah Laut

Minggu, 17 Juli 2022 | 14:58 WIB
header img
Pesta Laut atau Nadran Di Desa Citemu Kecamatan Mundu, ( Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON,iNews.id  - Ratusan orang dipesisir pantai Cirebon mengikuti prosesi sedekah laut yang digelar Masyarakat Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, pada Minggu (17/7/2022).


Larung Sesaji Nadran Citemu

Sempat tidak dilaksanakan selama dua tahun karena pandemi Covid 19, Pesta laut atau Nadran tahun ini di gelar secara meriah.

Nampak dalam acara juga hadir Bupati Cirebon Imron Rosyadi, yang langsung membuka agenda tahunan tersebut.

Tidak hanya Bupati Cirebon, Nampak juga Menteri Pedangan Zulfikli Hasan dan Politikus PAN, Desi Ratnasari menghadiri acara tersebut.

Kuwu Desa Citemu Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon Herintiano mengatakan, Pesta laut atau Nadran tersebut didasari bentuk rasa syukur atas limpahan riski dari Tuhan yang maha esa.

" Acara sakralnya sendiri berbentuk larung sesaji di tengah laut, seperti melarungkan kepala Kerbau dan sesaji seperti hasil bumi lainya, itu semua dilakukan sebagai bentuk sedekah laut " ujar Herintiano, Minggu (17/7/2022).

Tradisi turun temurun yang sudah dilakukan oleh warga Citemu, dimana 90 persen warganya sebagai nelayan tersebut, diikuti sedikitnya 600 orang yang mengikuti larung sesaji di tengah laut, dengan menggunakan perahu nelayan sambil mengarak sesaji.

" Sesajinya sendiri ditempatkan di atas miniatur perahu,dan di larung ketengah laut," katanya.

Acara sedekah laut sendiri digelar selama 4 hari, berturut turut.

" Di hari pertama diisi dengan sedekah laut atau larung sesaji, hari kedua di isi dengan berbagai hiburan, seperti wayang kulit, sandiwara dan lainya," jelas Herintiano.

Sementara itu Camat Mundu, Kabupaten Cirebon, H.Anwar Sadat, berharap agenda tradisi seperti agar bisa dilaksanakan setiap tahunya, agar tidak lekang ditelan jaman.


Sejumlah Pejabat Hadir dalam Acara Nadran Citemu

" Adat yang sudah berlangsung lama ini, agar tidak sampai puna, ini warisan budaya masyarakat sekitar yang harus tetap lestari, Alhamdulillah tahun ini bisa di gelar dengan meriah," pungkas Anwar Sadat.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut