get app
inews
Aa Read Next : Wow!! Kota Cirebon Bakal Menggelar Cirebon Festival 2024, Catat Tanggal & Tempatnya

DKM Subulussalam Harjamukti Cirebon Salurkan Puluhan Hewan Qurban

Minggu, 10 Juli 2022 | 22:18 WIB
header img
DKM Subulussalam Harjamukti Kota Cirebon Salurkan Hewan Qurban Hari Raya Iduladha (Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON,iNews.id – Usai pelaksanaan shalat Iduladha berjamaah, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Subulussalaam, di RW 14 Permata Harjamukti Utara (PHU), Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon melaksanakan pemotongan hewan qurban, Minggu (10/7/2022).

Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman mengatakan, penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1443 H ini sebanyak 25 ekor kambing dan 5 ekor sapi.

“Dibanding tahun kemarin ada peningkatan khususnya kambing. Tahun kemarin kambing ada 20 ekor sedangkan sapi sama sebanyak 5 ekor,” kata Naim.

Ia menambahkan, dalam hal penyaluran daging kurban yang pertama lebih difokuskan ke warga RW 14 Permata Harjamukti Utara.

Kedua, kata Naim, daging kurban ini akan disalurkan anak yatim piatu sesuai dengan surat permohonan yang kami terima. 

“Selanjutnya ke kaum dhuafa dan panti asuhan, termasuk pondok pesantren dan para janda yang ada di wilayah Kelurahan Kalijaga,” ujarnya.

Bobot sapi yang dititipkan warga, kata Naim, cukup besar dengan bobot antara 425 hingga 450 kg. “Insha Allah hari ini bis tersalurkan,” tambahnya.

Sementara, Panitia Pemotongan Hewan Kurban DKM Subulussalaam, Ading mengatakan, kondisi hewan kurban yang disembelih dijamin sehat tidak ada yag terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Dikatakannya, sebelum acara penyembelihan hewan kurban, pihak telah didatangi tim kesehatan hewan kurban, khususnya sapi.

“Kepada tim tersebut kami menunjukan kartu sehat dari Kementerian Pertanian yang menyatakan sapi kurban yang kami diterima bebas dari PMK dan layak diembelih,” katanya.

Ading menambahkan, proses penyembelihan hewan kurban berjalan lancar dan sangat singkat yang dibuktikan pemotongan lima sapi hanya waktu butuh waktu satu jam.

“Alhamdulillah pemotongan hewan kurban tahun ini meningkat. Saya berharap tahun depan lebih meningkat lagi,” pungkas Ading.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut