Roekiah Bintang Film Era !940-an, Dipaksa Menghibur Tentara Jepang hingga Meninggal

Lintang Tribuana
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 16:48 WIB
Roekiah bintang film besar di era penjajahan Belanda dan Jepang. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sosok aktris Roekiah di awal mula tercetusnya industri perfilman Indonesia, dia memiliki sepak terjang yang menarik untuk diikuti. Roekiah sejak kecil sudah kenal dengan dunia seni peran berkat orang tuanya yang merupakan pemain sandiwara dari rombongan Opera Poesi Indra Bangsawan. Tumbuh besar dalam dunia yang sarat seni, Roekiah pun pada tahun 1937 mulai terjun ke dunia perfilman dengan film Terang Boelan karya Albert Balink. Menjadi pemeran utama, Roekiah beradu akting dengan Rd Mochtar dan berhasil meraup uang sejumlah 200 ribu Dolar Selat. 

Setelah sukses dengan Terang Boelan, perusahaan produksi film tersebut memutuskan berhenti menggarap film fiksi. Supaya tak kehilangan pekerjaan, Kartolo suami Roekiah pun menciptakan Terang Boelan Troupe bersama para mantan aktor Terang Boelan yang bertahan sampai akhirnya Roekiah dan Kartolo bergabung dengan perusahaan Tan’s Film. Bersama Tan’s Film, Roekiah sukses berperan dalam film Fatima, lagi-lagi bersama Rd Mochtar, pada tahun 1938 dan mendapatkan pujian dari dunia film internasional. 

Dielu-elukan oleh berbagai surat kabar, Roekiah dan Rd Mochtar pun menjadi pasangan selebriti layar lebar pertama di Indonesia masa kolonial. Saking tenarnya Roekiah, Tan’s Film pun rela mengeluarkan uang banyak untuk menggaji Roekiah secara bulanan supaya tak kehilangan bintangnya. Di samping itu, perusahaan tersebut juga memberikan sebuah rumah pada Roekiah dan Kartolo di Tanah Rendah. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini