get app
inews
Aa Read Next : 5 Minuman Penurun Kolestrol yang Ampuh Berkhasiat dan Aman Bagi Lansia

Vaksinasi Bagi Lansia Di Kota Cirebon Melebihi Target

Jum'at, 04 Juni 2021 | 14:15 WIB
header img
Petugas sedang melakukan vaksinasi kepada Lansia (Foto : Humas Kota Cirebon}

KOTA CIREBON, iNews.id - Vaksinasi bagi usia lanjut (Lansia) di Kota Cirebon, mencapai target yang dinginkan. Bahkan angka capaiannya hingga 133 persen.Salah satunya di Puskesmas Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, dari sekitar 238 dosis yang tersedia ada sekitar 316 dosis vial yang dikeluarkan.  

Kepala Puskesmas Jagasatru, drg. Susi Susanti, mengatakan, Pihaknya bersyukur, animo vaksinasi lansia di Kelurahan Jagasatru ini tinggi, di Kelurahan Jagasatru ini sendiri dosis vaksin baru dikirim dua termin.

Saat ini, Puskesmas Jagasatru telah menerima vaksin untuk termin kedua. “Untuk termin kedua pengiriman vaksin ini capaiannya baru 14,7 persen karena kan vaksin di termin kedua ini juga baru dikirim. Sasaran vaksin di Kelurahan Jagasatru sendiri berdasarkan data dari Disdukcapil itu ada 1.300 orang,” katanya.

Ia tidak menampik masih ada lansia di Kelurahan Jagasatru ini yang menolak divaksin, namun di sisi lain yang bersedia divaksin lebih banyak. “Kita pakai strategi dalam memberikan vaksin terhadap lansia ini, yaitu siapa yang mau divaksin itu yang didahulukan. Kalau yang tidak mau, ya kita tidak maksa, karena ketersediaan vaksin juga terbatas, Alhamdulillah yang mau itu banyak sehingga ketersediaan vaksin semakin terbatas karena terus dipakai,” ujarnya.

Kendati demikian, pada akhirnya lansia yang tidak bersedia divaksin saat awal  kemudian bersedia divaksin, hal ini karena informasi dari mulut ke mulut jika vaksinasi tidak memberikan efek samping.

Sementara itu, di UPT Puskesmas Astanagarib Kota Cirebon juga terus meningkatkan capaian vaksinasi untuk lansia. Kepala UPT Puskesmas Astanagarib, dr. Kipty Mustika Ratih mengatakan, pihaknya menargetkan 50 lansia per hari untuk divaksin. “Kita masuk vaksinasi kedua yang mulai berjalan 2 Juni hingga 27 Juni,” ujarnya.

Ia mengakui, saat awal pemberian  masih sedikit lansia yang bersedia divaksin. “Namun saat ini sudah meningkat. Saat ini masuk vaksinasi kedua tapi ada juga yang masih divaksin yang pertama karena waktu awal yang bersangkutan tidak lolos screening kesehatan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus meningkatkan capaian vaksinasi terhadap para pedagang di Pasar Kanoman. “Di Pasar Kanoman ini terdapat 400 pedagang yang divaksin, sasaran yang tercapai baru 30 persen,” ujarnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut