get app
inews
Aa Read Next : Madain Saleh Kota Terkutuk di Arab Saudi, Tempat Kaum Tsamud Diazab Allah

Di Pantai Arab Saudi Boleh Berbikini dan Berpelukan, Turis: Kapan Bebas Minum Alkohol?

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:19 WIB
header img
Pure Beach, pantai di King Abdullah Economic City di dekat Jeddah, Arab Saudi, membolehkan turis wanita memakai bikini dan berpelukan dengan pasangannya. (Foto/The Citizen)

Reformasi sosial kerajaan di kawasan Teluk itu didorong oleh keinginan untuk mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada minyak, termasuk dengan merangsang pariwisata dan pengeluaran domestik. Hanya pelancong bisnis dan peziarah Muslim yang dapat berkunjung hingga 2019, ketika Arab Saudi mulai menawarkan visa turis.

Bilal Saudi, Kepala Acara King Abdullah Economic City, mengatakan pantai itu menargetkan “pengunjung lokal dan turis asing”. “Saya merasa bahwa saya tidak lagi harus bepergian ke luar negeri untuk bersenang-senang...karena semuanya ada di sini,” kata Dima, seorang pengusaha muda Saudi, sambil bergoyang mengikuti musik.

Staf di pantai mengatakan mereka tidak tahu apakah pasangan yang berkunjung sudah menikah atau belum. Baru dua tahun yang lalu pasangan asing yang belum menikah diizinkan untuk berbagi kamar hotel.

Demi “privasi”, seperti yang dikatakan staf, ponsel disita dan disimpan dalam kantong plastik. “Saya terkejut dengan kebebasan dan keterbukaan di pantai, sesuatu yang akan dialami di Amerika Serikat,” kata pengunjung pantai, Mohammed Saleh.

Satu hal yang masih kurang, kata pengunjung, adalah koktail, dengan larangan alkohol secara nasional masih berlaku. “Hidup itu normal [di Arab Saudi],” kata Asma, yang menambahkan: “Sebelumnya tidak normal.”

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut