get app
inews
Aa
Read Next : Laskar Macan Ali Cirebon Sebut Pemilu 2024 Paling Berantakan dan Gaduh

Lima Tahun Laskar Macan Ali Berdiri, Berjanji Selalu Menjaga Kraton Kasepuhan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:57 WIB
header img
Milad ke 5 Laskar Macan Ali berkomitmen menjaga Kraton Kasepuhan (Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Ratusan orang berpakaian hitam-hitam (pangsi) bertuliskan Laskar Macan Ali berwana emas, memenuhi pelataran Keraton Kasepuhan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Sabtu (16/10/2021) sore tadi.

Kedatangan mereka ke Keraton Kasepuhan dalam rangkaian Milad ke 5 Laskar Macan Ali Nusantara. Salah satunya mendatangi Keraton Kasepuhan setelah Kirab Bendera Merah Putih keliling Kota Cirebon.

Bertempat di ruang Jinem Pangrawit duduk bersama Patih Kasepuhan PR Goemelar Soeriadiningrat, Prabu Diaz dan Sayyid Seif Alwi. Prabu Diaz memberikan dukungan pada Sultan Kasepuhan XV PRA Luqman Zulkaedin sebagai sultan yang sah.

Bahkan menurut Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Nusantara, "Kami mendukung penuh PRA Lukman Zulqaedin sebagai sultan karena dia anak dari mendiang Sultan Kasepuhan XlV PRA Arief Natadiningrat dan siapa pun yang akan mengganggu sultan dan keraton kami akan turun tangan," kata Prabu Diaz.

Dalam sambutannya, Prabu Diaz. berjanji akan membela penuh keberadaan Keraton Kasepuhan termasuk sosok Sultan PRA Lukman Zulqaedin, pasalnya dia anak mendiang Alm Sultan PRA Arief Natadiningrat.

"Kami dari Laskar Macan Ali siap melindungi dari siapa pun yang akan mengganggu Sultan dan Keraton Kasepuhan. Bahkan berdirinya Laskar Macan Ali Nusantara atas izin Sultan Arief pada 2 Oktober 2016 sampai sekarang Milad ke 5 tahun. Yang tugas pokoknya menjaga adat dan tradisi budaya, bahkan sekarang ini sudah ratusan ribu anggota bukan saja di Indonesia tapi sudah ada perwakilan di luar negeri," katanya.

Dirinya sepakat apa yang ada di Keraton Kasepuhan sudah menjadi tanggung jawab Laskar Macan Ali, jika ada kelompok yang mengaku menjadi Sultan dan dikemudian mengganggu stabilitas Keraton Kasepuhan, pihak Laskar Macan Ali akan menjaga keselamatan dan bertanggung jawab atas diri Sultan Sepuh ke XV dan keratonnya.

Pernyataan tokoh Laskar Macan Ali ini ditanggapi Patih Kasepuhan, PR. Goemilar Soeradiningrat. Dirinya kata Goemilar, menyambut baik kedatangan pasukan Laskar Macan Ali dalam memberikan support pada keraton dan ini menandakan kepedulian pada keraton dan Sultan.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut